Archive - 2025060001

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA MATERI TOLERANSI BERAGAMA MATA PELAJARANPENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE SOSIODRAMA KELAS IV DI SDN 105312 SAWIT REJO KECAMATAN KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA

By MEGA MARHENI on June 28, 2025 12:10 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran
pendidikan agama Islam materi toleransi beragama di kelas IV SDN 105312 Sawit Rejo
melalui metode sosiodrama. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua siklus, yang mana
dalam setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3)
pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes,
observasi, dokumentasi dan rekaman video. Subjek dan lokasi pada penelitian ini adalah Siswa
kelas IV di SDN 105312 Sawit Rejo yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian,
penerapan metode sosiodrama dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran
pendidikan agama Islam materi toleransi beragama serta menambah keaktifan dan prestasi
belajar siswa di dalam kelas.
Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode bermain peran menunjukkan bahwa
siswa yang tuntas 27% berjumlah 8 siswa. Nilai siswa pada siklus pertama yang tuntas terdapat
13 siswa dengan jumlah persentase 43% . Kemudian pada siklus kedua hasil belajar yang
mendapatkan nilai tuntas berjumlah 24 siswa dengan persentase 80%. Dengan demikian
penggunaan metode sosiodrama dapat dikatakan berhasil meningkatkan pemahamn siswa pada
pelajaran pendidikan agama Islam materi toleransi beragama.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Metode Sosiodrama

Author:

MEGA MARHENI

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
COVER MEGA.pdf BAB I MEGA.pdf BAB II MEGA.pdf BAB III MEGA.pdf BAB V MEGA.pdf