ABSTRAK
Implementasi Pendidikan Tauhid Pada Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun di
Raudhatul Athfal Uswah Al Islam Kecamatan Medan Barat.
Nama : Sangkot
NPM/NIRM : 019030038/019.16.1.2.2.1.0975
Pembimbing 1 : Nazaruddin
NIDN : 2101058701
Pembimbing 2 : Efrimanda Sari Hasibuan
NIDN : 212304910
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengungkapkan data-data yang di
dapat, & mendeskripsikan metode dan model pembelajaran yang digunakan guru
terkait dengan materi pendidikan tauhid di sekolah. 2). Untuk mendeskrispikan
upaya-upaya yang dilakukan guru terkait dengan pendidikan tauhid. 3). Untuk
mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menerapkan pendidikan
tauhid.
Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kegiatan
pembelajaran pendidikan tauhid di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam Kecamatan
Medan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara
terstruktur, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan di mulai
dengan menganalisis data sebelum terjun ke lapangan kemudian menganalisis data
yang telah di dapat setelah terjun ke lapangan dengan tahap 1). Mereduksi data
dengan mencatat dan merekam, serta mendokumentasikan hal-hal yang terjadi di
lapangan, 2). Menyajikan data dengan cara menguraikan dan mendeskripsikan
data yang telah di dapat dari lapangan, 3). Menyimpulkan data dengan mengolah
data yang telah di dapat dan menyimpulkannya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan
dalam pembelajaran tauhid ialah ceramah, tanya jawab,
uswah/teladan,kisah/cerita,bernyanyi dan pembiasaan. Guru mengupayakan
membiasakan peserta didik melaksanakan kegiatan terkait dengan pendidikan
tauhid yang di lakukan di sekolah seperti melaksanakan shalat dhuha, shalat
dzuhur berjamah, membaca al- Asma al Husna, menghafal surat-surat pilihan,
membaca juz „amma, dan merayakan hari besar islam. Faktor pendukung dalam
pengimplementasian pendidikan tauhid di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam.
Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian pendidikan tauhid adalah
minat belajar peserta didik yang tinggi, kompetensi guru yang baik dalam
melaksanakan pembelajaran di kelas, dukungan orang tua serta lingkungan
masyarakat yang baik. Terdapat pula faktor penghambat dalam
pengimplementasian pendidikan tauhid adalah naik dan turunnya minat belajar
peserta didik, tingkat intelgensi peserta didik yang berbeda-beda, kemampuan
guru dalam mengelola kelas, fasilitas sekolah yang kurang memadai .
Kata kunci: Implementasi Pendidikan Tauhid,