Archive - 2025080023

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN TAUHID PADA ANAK USIA DINI UMUR 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL USWAH AL ISLAM KECAMATAN MEDAN BARAT

By SANGKOT  on August 12, 2025 04:16 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

Implementasi Pendidikan Tauhid Pada Anak Usia Dini Umur 5-6 Tahun di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam Kecamatan Medan Barat.

Nama : Sangkot

NPM/NIRM : 019030038/019.16.1.2.2.1.0975

Pembimbing 1 : Nazaruddin

NIDN : 2101058701

Pembimbing 2 : Efrimanda Sari Hasibuan

NIDN : 212304910

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengungkapkan data-data yang di dapat, & mendeskripsikan metode dan model pembelajaran yang digunakan guru terkait dengan materi pendidikan tauhid di sekolah. 2). Untuk mendeskrispikan upaya-upaya yang dilakukan guru terkait dengan pendidikan tauhid. 3). Untuk mendeskripsikan kendala yang dialami guru dalam menerapkan pendidikan tauhid.

Metode Penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kegiatan pembelajaran pendidikan tauhid di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam Kecamatan Medan Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan di mulai dengan menganalisis data sebelum terjun ke lapangan kemudian menganalisis data yang telah di dapat setelah terjun ke lapangan dengan tahap 1). Mereduksi data dengan mencatat dan merekam, serta mendokumentasikan hal-hal yang terjadi di lapangan, 2). Menyajikan data dengan cara menguraikan dan mendeskripsikan data yang telah di dapat dari lapangan, 3). Menyimpulkan data dengan mengolah data yang telah di dapat dan menyimpulkannya.

Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran tauhid ialah ceramah, tanya jawab, uswah/teladan,kisah/cerita,bernyanyi dan pembiasaan. Guru mengupayakan membiasakan peserta didik melaksanakan kegiatan terkait dengan pendidikan tauhid yang di lakukan di sekolah seperti melaksanakan shalat dhuha, shalat dzuhur berjamah, membaca al- Asma al Husna, menghafal surat-surat pilihan, membaca juz „amma, dan merayakan hari besar islam. Faktor pendukung dalam pengimplementasian pendidikan tauhid di Raudhatul Athfal Uswah Al Islam. Adapun faktor pendukung dalam pengimplementasian pendidikan tauhid adalah minat belajar peserta didik yang tinggi, kompetensi guru yang baik dalam melaksanakan pembelajaran di kelas, dukungan orang tua serta lingkungan masyarakat yang baik. Terdapat pula faktor penghambat dalam pengimplementasian pendidikan tauhid adalah naik dan turunnya minat belajar peserta didik, tingkat intelgensi peserta didik yang berbeda-beda, kemampuan guru dalam mengelola kelas, fasilitas sekolah yang kurang memadai .

Kata kunci: Implementasi Pendidikan Tauhid,

Author:

SANGKOT 

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
SANGKOT COVER.pdf SANGKOT BAB 1.pdf SANGKOT BAB 2.pdf SANGKOT BAB 3.pdf SANGKOT BAB 5.pdf