ABSTRAK
EVALUASI PROGRAM PENGENALAN HURUF
HIJAIYYAHDENGAN METODE IQRO’MENGGUNAKAN
MODEL CIPPDI RA SAIDI TURI KECAMATAN PANCUR BATU
Nama : Rohani Br Barus
NPM/NIRM : 019030037/019.16.1.2.2.I.0974
Pembimbing 1 : Efrimanda Sari Hasibuan, M.Psi
NIDN 2123049102
Pembimbing 2 : Nazaruddin, S.Th.I, M.A
NIDN 2101058701
Kata kunci : Evaluasi Program Pengenalan Huruf Hijaiyyah Dengan
Metode Iqro’ Dengan Model CIPP.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pengenalan
huruf hijaiyah dengan metodeiqro’menggunakan model CIPP di RA Saidi Turi
Kecamatan Pancur Batu dengan rumusan masalah 1) Bagaimana evaluasi konteks
2) Bagaimana evaluasi input 3) Bagaimana evaluasi proses dan 4) Bagaimana
evaluasi produk dari program pengenalan huruf hijaiyah dengan metode
Iqro’.pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data
menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks dari
program ini adalah kegiatan pembelajaran memiliki tujuan dan perencanaan yang
jelas, Evaluasi input pada program ini didukung dengan kesiapan pendidik dan
dengan perencanaan dan media metode yang mesti mulus anak dalam belajar,
Evaluasi proses dalam pelaksanaannya program ini menggunakan beberapa
metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menerapkan program ini.
Evaluasi produk keberhasilan dari program ini adalah mempunyai anak dalam
mengetahui mengenal mengucapkan dan memahami tentang huruf hijaiyah yang
pada akhirnya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.