Archive - 2025080024

EVALUASI PROGRAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAH DENGAN METODE IQRO’ ANAK USIA 4 - 5 TAHUN MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI RA SAIDI TURI KECAMATAN PANCUR BATU

By ROHANIBR BARUS on August 12, 2025 04:21 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

EVALUASI PROGRAM PENGENALAN HURUF HIJAIYYAHDENGAN METODE IQRO’MENGGUNAKAN MODEL CIPPDI RA SAIDI TURI KECAMATAN PANCUR BATU

Nama : Rohani Br Barus

NPM/NIRM : 019030037/019.16.1.2.2.I.0974

Pembimbing 1 : Efrimanda Sari Hasibuan, M.Psi

NIDN 2123049102

Pembimbing 2 : Nazaruddin, S.Th.I, M.A

NIDN 2101058701

Kata kunci : Evaluasi Program Pengenalan Huruf Hijaiyyah Dengan Metode Iqro’ Dengan Model CIPP.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program pengenalan huruf hijaiyah dengan metodeiqro’menggunakan model CIPP di RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu dengan rumusan masalah 1) Bagaimana evaluasi konteks 2) Bagaimana evaluasi input 3) Bagaimana evaluasi proses dan 4) Bagaimana evaluasi produk dari program pengenalan huruf hijaiyah dengan metode Iqro’.pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi konteks dari program ini adalah kegiatan pembelajaran memiliki tujuan dan perencanaan yang jelas, Evaluasi input pada program ini didukung dengan kesiapan pendidik dan dengan perencanaan dan media metode yang mesti mulus anak dalam belajar, Evaluasi proses dalam pelaksanaannya program ini menggunakan beberapa metode pembelajaran yang digunakan guru dalam menerapkan program ini. Evaluasi produk keberhasilan dari program ini adalah mempunyai anak dalam mengetahui mengenal mengucapkan dan memahami tentang huruf hijaiyah yang pada akhirnya mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar.

Author:

ROHANIBR BARUS

Project Document: