ABSTRAK
PENERPAN METODE BERCERITA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 5-6 TAHUN DI ERA YP ISTIQOMAH ISLAMIC FULL SCHOOL SRI GUNTING KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA
Nama: Rizka Mutiara Sitanggang
NPMI/NIRM: 019030030/019.16.1.2.2.1.1.0967
Pembimbing 1: Tirta Yogi Aulia, M.Pd
NIDN: 2129049001
Pembimbing 2: Efrimanda Sari Husibuan, M.Psi
NIDN: 2123049102
Penelitian ini betujuan untuk Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Ra Yp Istiqomah Islamic Fullday School Desa Sri Gunting Kecamatan Sunggal Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru kelompok B2 (Usia 5-6 Tahun), anak usia 5-6 tahun sebanyak 18 anak, serta 3 orang tun anak umia 5-6 tahun. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Tahap persiapan yang dilakukan gutu yakni menyiapkan RKH, memilih cerita, memilih alat peraga dan mengatur posisi duduk anak, (2) Modis yang digunakan berupa buku cerita dan boneka; (3) Dalam penerapan metode bercerita guru mengeluarkan keterampilannya bercerita dengan sangat baik: (4) Respon anak terlihat sangat senang: (5) Kemampuan yang dapat dikembangkan yakni bahasa, moral, kognitif, moterik, sosio-emosional, imajinasi, prestasi dan konsentrasi; (6) Kendala yang dihadapi guru adalah lupa nama tokoh cerita, silitnya mendapatkan buku, serta kehadiran tamu di dalam kelas pada saat kegiatan bercerita berlangsung.
Dilihat dari hasil penelitian ini yaitu 1) perkembangan bahasa anak usia dini 5-6 tahun di Tk Ra Yp litiqomah Islamic Fullday School mdah berkembangan sangat baik sekali 2) penerapan metode becerita yang telah dilakukan oleh guru dan peneliti untuk anak usia dini 5-6 tahun di Tk Ra Yp Istiqumah Islamic Fullday School desa sri gunting kecamatan sunggal metode becerita sadah dapat mengarahkan anak udah berkembang baik sehingga anak boa bersosialisasi dengan baik sesame teman maupun sebaya berbicara atau komunikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penarapan metode becerita itu sangat penting terhadap perkembangan bahasa anak sia dini 5-6 tahun di Taman Ra Yp Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting Kreamatan Sunggal ini dikarenakan peran seorang guru dapat mengarahkan anak berpilaku haik dalam berbicara kepada teman atau disekitarnya sehingga anak juga dapat berumialisasi dengan baik bersama teman sebaya maupun dilingkungan
masyarakat tempat is tinggal
Kata kunci : Panerapan metode beceritu perkembangan bahasa anak 5-6 tahun, Kualitatif