ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai Strategi Guru PAI Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas V di SD IT Al-Manah Mamiregi dengan fokus penelitian yang mencakup (1) Faktor penyebab kejenuhan belajar yang dialami siswa kelas V di SD IT Al-Manah Mamiregi (2) Strategi guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa kels V di SD IT Al-Manah Mamiregi (3) Dampak dari strategi guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar yang dialami siswa kelas V di SD IT Al-Manah Mamiregi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Faktor penyebab kejenuhan belajar yang dialami siswa antara lain karena usia dan jenjang pendidikan, metode yang monoton, kukurangnya motivasi dan minat belajar, lingkungan, jangka waktu KBM, sarana prasarana (2) Guru PAI terlebih dahulu melakuan pendekatan individual. Adapun strategi yang diterapkan guru PAI yaitu metode tutor sebaya, bernyanyi, demonstrasi, ceramah, reward anda punishmen, penguatan, ice breaking dan merubah susunan meja dan posisi duduk (3) Dampak dari strategi guru PAI dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas V SD IT Al-Manah Mamiregi adalah mereka sangat antusias ketika pembelajaran, lebih aktiv dan terlihat senang saling berinteraksi, saling tukar fikiran dengan teman kelompoknya serta bisa bermain sambil belajar tanpa mengganggu teman sebangkunya.
Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Mengatasi Kejenuhan Belajar