ABSTRAK
PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK
PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK IT RAUDHATUL MAHABBAH
KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG
Nama : Novi Mourena
NPM/NIRM : 019030030 / 019.16.1.2.2.1.I.0967
Pembimbing 1 : Nazaruddin
NIDN : 2101058701
Pembimbing 2 : Efrimanda Sari Hasibuan
NIDN : 2123049102
Penelitian ini betujuan untuk 1) perkembangan sosialisasi emosional anak
pada usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah Kecamatan Sunggal, 2) peran
guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT
Raudhatul Mahabbah dan 3) untuk mengetahui hambatan dalam perkembangan
sosial emosional anak pada usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah
Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian dari Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif. Dengan subjek penelitian wawancara kepala sekolah dan guru. Teknik
pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi secara langsung,
wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari penelitian ini adalah
analisis deskriptif, analisis ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data,
penyajian data dan verifikasi atau penarikkan kesimpulan data.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, peran guru sangatlah penting
terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT RAudhatul
MahabbSunggal. Ini dikarenakan peran guru ini dapat mengarahkan anak kepada
prilaku yang baik sehinga anak bisa bersosialisasi dengan baik sesame teman
sebaya maupun dilingkungan masyarakat tempat tinggal dan dapat mengontrol
emosinya menjadi emosi yang lebih mengontrol adikmu dan.
Kata kunci : Peran Guru, Sosial emosional