Archive - 2025080027

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA USIA 5–6 TAHUN DI TK RAUDHATUL MAHABBAH KECAMATAN SUNGGAL

By NOVI MOURENA on August 12, 2025 04:43 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK PADA USIA 5-6 TAHUN DI TK IT RAUDHATUL MAHABBAH KECAMATAN SUNGGAL KABUPATEN DELI SERDANG

Nama : Novi Mourena

NPM/NIRM : 019030030 / 019.16.1.2.2.1.I.0967

Pembimbing 1 : Nazaruddin

NIDN : 2101058701

Pembimbing 2 : Efrimanda Sari Hasibuan

NIDN : 2123049102

Penelitian ini betujuan untuk 1) perkembangan sosialisasi emosional anak pada usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah Kecamatan Sunggal, 2) peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah dan 3) untuk mengetahui hambatan dalam perkembangan sosial emosional anak pada usia 5-6 tahun di TK IT Raudhatul Mahabbah Kecamatan Sunggal. Jenis penelitian dari Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan subjek penelitian wawancara kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini diperoleh melalui observasi secara langsung, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dari penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikkan kesimpulan data.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, peran guru sangatlah penting terhadap perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK IT RAudhatul MahabbSunggal. Ini dikarenakan peran guru ini dapat mengarahkan anak kepada prilaku yang baik sehinga anak bisa bersosialisasi dengan baik sesame teman sebaya maupun dilingkungan masyarakat tempat tinggal dan dapat mengontrol emosinya menjadi emosi yang lebih mengontrol adikmu dan.

Kata kunci : Peran Guru, Sosial emosional 

Author:

NOVI MOURENA

Project Document: