Archive - 2025080031

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA KECAMATAN PANCUR BATU

By AZMA AZIZAH on August 12, 2025 05:07 PM
Project Year:
2023
Abstract:

ABSTRAK

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA KECAMATAN PANCUR BATU

Nama : Azma Azizah

NPM/NIRM : 019030022/019.16.1.2.2.1.0959

Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe

NIDN : 2121078402

Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia

NIDN : 2129049001

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu, dengan rumusan masalah yang mencakup (1) Bagaimana pendidikan karakter di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu? (3) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat proses implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu? (4) Bagaimana metode-metode yang digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada anak usia dini di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu?

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini sangat efektif melalui metode keteladanan dan pembiasaan. Hal ini, terlihat dari pra-observasi awal yang dilakukan terhadap pendidikan karakter anak. Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan karakter pada anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal misalnya lingkungan keluarga dan faktor eksternal adalah lingkungan masyarakat dan sekolah.

Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Metode Keteladanan dan Pembiasaan

Author:

AZMA AZIZAH

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
AZMA COVER.pdf AZMA BAB 1.pdf AZMA BAB 2.pdf AZMA BAB 3.pdf AZMA BAB 5.pdf