ABSTRAK
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE
KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI TK
MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA
KECAMATAN PANCUR BATU
Nama : Azma Azizah
NPM/NIRM : 019030022/019.16.1.2.2.1.0959
Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe
NIDN : 2121078402
Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia
NIDN : 2129049001
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelassan mengenai implementasi
pendidikan karakter pada anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan di
TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu, dengan rumusan masalah
yang mencakup (1) Bagaimana pendidikan karakter di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya
Kecamatan Pancur Batu? (2) Bagaimana implementasi pendidikan karakter pada anak
usia dini di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu? (3) Faktor apa
saja yang mendukung dan menghambat proses implementasi pendidikan karakter pada
anak usia dini di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur Batu? (4)
Bagaimana metode-metode yang digunakan dalam mengimplementasikan pendidikan
karakter pada anak usia dini di TK Mutiara Taqwa Desa Sukaraya Kecamatan Pancur
Batu?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
deksriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1)
Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter
pada anak usia dini sangat efektif melalui metode keteladanan dan pembiasaan. Hal ini,
terlihat dari pra-observasi awal yang dilakukan terhadap pendidikan karakter anak.
Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi pendidikan karakter pada
anak usia dini melalui metode keteladanan dan pembiasaan berasal dari faktor internal
dan eksternal. Faktor internal misalnya lingkungan keluarga dan faktor eksternal adalah
lingkungan masyarakat dan sekolah.
Kata kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Metode Keteladanan dan
Pembiasaan