ABSTRAK
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM
MENGHAFAL HADIS UNTUK ANAK USIA DINI DI RA
DARUL INAYAH DELI TUA
Nama : Anisyah Fitri
NPM/NIRM : 019030021/019.16.1.2.2.1.0958
Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M. Pd
NIDN : 2129049001
Pembimbing II : Surya H. A. Dalimunthe, M.Psi
NIDN : 2121078402
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan metode demonstrasi dalam
menghafal hadis di RA. Darul Inayah Deli Tua Tahun pelajaran 2022-2023, (2)
Untuk mengetahui manfaat dari penerapan metode demonstrasi dalam menghafal
hadis di RA. Darul Inayah Deli Tua Tahun pelajaran 2022-2023, (3) Untuk
mengetahui apa sajakah kesulitan yang dihadapi dengan menggunakan metode
demonstrasi dalam menghafal hadis di RA. Darul Inayah Deli Tua Tahun pelajaran
2022-2023, (4) Untuk mengetahui cara mengatasi kesulitan dalam menerapkan
metode demonstrasi untuk menghafal hadis di RA. Darul Inayah Deli Tua Tahun
pelajaran 2022-2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif.
Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1)
Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga
metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian.
Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Penerapan metode
gerakan dalam menghafal hadis di RA Darul Inayah merupakan kegiatan
mengajarkan hadis pendek kepada anak yaitu hadis tersenyum, kasih sayang,
jangan marah, kebersihan dan juga hadis tentang niat dengan menggunakan gerakan
tangan, (2) Manfaat dalam menerapkan metode gerakan untuk menghafal hadis
yaitu anak mudah dalam menghafal, membiasakan anak bertingkah laku baik dan
bisa diterapkan dalam kehidupan sehari, menyeimbangkan otak kiri dan kanan
anak, mengembangkan fisik motorik anak dan anak lebih semangat dalam
menghafal. (3) Kesulitan dalam menerapkan metode gerakan menghafal hadis
meliputi anak masih sulit dalam memasukkan gerakan ke dalam hadis dan sering
lupa. (4) Cara mengatasi kesulitan dalam menerapkan metode gerakan untuk
menghafal yaitu guru mengarahkan anak untuk memasukka ngerakan ke dalam
bacaan hadis dan dilakukan pengulangan sampai anak hafal.
Kata Kunci: Menghafal Hadis, Metode Demonstrasi, Kualitatif