ABSTRAK
Konsentrasi adalah kefokusan pikiran terhadap suatu objek dengan tidak
membahas hal lain atau mengesampingkan hal lain. Saat belajar di kelas, fokuslah
pada satu pelajaran dengan tidak membahas apapun selain pelajaran yang sedang
dipelajari oleh siswa.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui “Pengaruh
Lingkungan Sekolah Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Di SMP Swasta
Pembina Kabupaten Kutalimbaru”. Penelitian ini merupakan penelitian
korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX SMP Swasta Pembina yang berjumlah 92
orang. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah total populasi yaitu siswa kelas
VII, VIII dan IX yang dijadikan total sampling.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa instrumen yaitu:
angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan
menghitung “korelasi product moment”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan pada kategori “sedang” dengan nilai product
moment r sebesar 0,502. Lingkungan sekolah (variabel X) mempengaruhi
konsentrasi belajar (variabel Y) sebesar 25,2%.
Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Konsentrasi Belajar.