Archive - 2025080038

PERUBAHAN PERILAKU KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI DI RA DARUL INAYAH

By NUR INDAH OCTAVIANI on August 13, 2025 11:22 AM
Project Year:
2024
Abstract:

ABSTRAK

PERUBAHAN PERILAKU KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI SENI TARI DI RA DARUL INAYAH

Nama : Nur Indah Octaviani

NPM : 020030050

Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe

NIDN : 2121078402

Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia

NIDN : 2129049001

Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Seni Tari, Kualitatif

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran seni tari pada anak usia dini di RA Darul Inayah (2) Untuk mengetahui proses perubahan perilaku kecerdasan emosional anak usia dini melalu pembelajaran seni tari di RA Darul Inayah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualilatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Secara keseluruhan, hasil wawancara menunjukkan bahwa RA Darul Inayah mengadopsi pendekatan yang holistik dalam mengintegrasikan seni tari ke dalam pembelajaran anak usia dini, dengan fokus pada pengembangan kecerdasan emosional. Sekolah tidak hanya menekankan pada teknik seni tari, tetapi juga pada pembentukan karakter, kepercayaan diri, dan kreativitas anak-anak. Program-program seni tari yang diselenggarakan, pendekatan pengajaran guru yang holistik, dan interaksi positif antara guru dan murid serta antar sesama murid, semuanya berperan penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung perkembangan kecerdasan emosional anak-anak. (2) Berdasarkan hasil wawancara, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran seni tari di RA Darul Inayah memiliki dampak yang signifikan dalam pengembangan ekspresi emosional anak usia dini. Pendekatan holistik dalam pembelajaran seni tari, dukungan dari orang tua, evaluasi praktis, kedalaman pengalaman emosional anak-anak, dan hubungan sosial yang positif antara sesama anak menjadi faktorfaktor kunci yang memperkuat proses perubahan perilaku kecerdasan emosional. Hal ini menunjukkan bahwa seni tari bukan hanya sebagai aktivitas artistik, tetapi juga sebagai alat penting dalam membentuk dan meningkatkan kecerdasan emosional anak-anak

Author:

NUR INDAH OCTAVIANI

Project Document: