Archive - 2025080039

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA UMAR MIRZA MARINDAL II

By RIZKY SALSABILA PUTRI on August 13, 2025 12:46 PM
Project Year:
2024
Abstract:

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA UMAR MIRZA MARINDAL II

Nama : Rizky Salsabila Putri

NIRM : 02.00.30.055

Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia

NIDN : 2129049001

Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan

NIDN : 2123049102

Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan gagasan, proses, yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi, suksesi. Pengembangan kreativitas sangat penting dikembangkan sejak dini karena kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek perkembangan anak usia dini. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di RA UMAR MIRZA ada yang sudah cukup baik tingkat kreativitasnya. Ada pula sebagian anak yang masih kurang dalam kreativitasnya.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA; 2) Untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA; dan 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) strategi guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA, yaitu: (a) pengembangan hasta karya (b) pengembangan imajinasi (c) pengembangan eksplorasi (d) pengembangan eksperimen (e) pengembangan proyek (f) pengembangan musik dan (g) pengembangan bahasa (2) Peran guru sebagai dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA adalah merangsang imajinasi, membebaskan anak berkreasi, memberikan pujian pada anak. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA, yaitu: (a) faktor pendukung: iklim dan kondisi lingkungan, peran guru, serta peran orang tua; dan (b) faktor penghambat: rangsangan mental, alat perkusi yang masih kurang, dan kondisi anak yang lelah.

Kata Kunci: Guru, Kreativitas, Anak Usia Dini

Author:

RIZKY SALSABILA PUTRI

Project Document: