ABSTRAK
STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN
KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI RA UMAR
MIRZA MARINDAL II
Nama : Rizky Salsabila Putri
NIRM : 02.00.30.055
Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia
NIDN : 2129049001
Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan
NIDN : 2123049102
Kreativitas merupakan suatu proses mental individu yang melahirkan
gagasan, proses, yang efektif yang bersifat imajinatif, estetis, fleksibel, integrasi,
suksesi. Pengembangan kreativitas sangat penting dikembangkan sejak dini karena
kreativitas sangat berpengaruh sekali dalam pengembangan aspek-aspek
perkembangan anak usia dini. Fakta ditemukan bahwa peserta didik di RA UMAR
MIRZA ada yang sudah cukup baik tingkat kreativitasnya. Ada pula sebagian anak
yang masih kurang dalam kreativitasnya.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam
mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA; 2) Untuk
mengetahui peran guru dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA
UMAR MIRZA; dan 3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat
dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
mengikuti konsep yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari analisis data disimpulkan bahwa: (1) strategi guru dalam
mengembangkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA, yaitu: (a)
pengembangan hasta karya (b) pengembangan imajinasi (c) pengembangan
eksplorasi (d) pengembangan eksperimen (e) pengembangan proyek (f)
pengembangan musik dan (g) pengembangan bahasa (2) Peran guru sebagai dalam
meningkatkan kreativitas anak usia dini di RA UMAR MIRZA adalah merangsang
imajinasi, membebaskan anak berkreasi, memberikan pujian pada anak. (3) faktor
pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini di
RA UMAR MIRZA, yaitu: (a) faktor pendukung: iklim dan kondisi lingkungan,
peran guru, serta peran orang tua; dan (b) faktor penghambat: rangsangan mental,
alat perkusi yang masih kurang, dan kondisi anak yang lelah.
Kata Kunci: Guru, Kreativitas, Anak Usia Dini