ABSTRAK
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN
MEMBACA IQRO’ MENGGUNAKAN MEDIA
BUSY BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
DITK IT AL-IKHLAS RUMAH SUMBUL
KECAMATAN STM HULU
Nama : Sri Widayanti
NPM/NIRM : 021030087/019.16.1.2.2.1.0970
Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe
NIDN : 2121078402
Pembimbing II : Tirta Yogi Aulia
NIDN : 2129049001
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan
huruf hijaiyah sebelum membaca Iqro’ pada anak usia dini, serta untuk
mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan media busy book di
TK ITAl-Ikhlas Rumah Sumbul Kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hulu pada
kelompok B di Tahun 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang dalam
pelaksanaannya dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah anak didik di
kelompok B yang berjumlah 7 anak laki-laki dan 11 anak perempuan. Objek
penelitian ini adalah penggunaan media pembelajaran busy book dalam
meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah kelompok B di TK ITAlIkhlas Rumah Sumbul. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu
observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal huruf hijaiyah
dapat ditingkatkan melalui media busy book, hal ini dilihat dari semakin
meningkatnya persentase anak dalam mengenal huruf hijaiyah pada Iqro’. Dari
penelitian yang telah dilakukan mulai pra siklus mencapai 56,2% dengan
menggunakan metode dan media yang ada di sekolah tersebut. Pada siklus I
kemampuan mengenal huruf meningkat menjadi 73,7%, tetapi hasil ini masih
belum seperti yang diharapkan. Sehingga dilakukan lagi siklus II dengan media
yang sama dan hal ini membuat peningkatan lagi hingga mencapai 92,5%.
Kata Kunci: Anak Usia Dini, Busy Book, Media Pembelajaran, Huruf Hjaiyah,
Iqro’