ABSTRAK
STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN
PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA
DINI DI TK AL-KHAIRIYAH KECAMATAN
DELI TUA
Nama : Anita Julia Ningsih
NPM/NIRM : 021030075/021.16.1.2.2.1.0248
Pembimbing I : Tirta Yogi Aulia
NIDN : 2129049001
Pembibing II : Paradita Kumala Lemmy
NIDN : 2110119103
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendidikan
seksual pada anak usia dini di TK Al Khairiyah Kecamatan Deli Tua. Pendidikan seksual
pada anak usia dini sangat penting sebagai upaya preventif terhadap kekerasan seksual dan
untuk membentuk pemahaman yang sehat mengenai tubuh, privasi, dan hubungan
interpersonal sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek
penelitian meliputi dua guru dan tiga orang tua siswa TK Al Khairiyah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru telah menerapkan pendidikan seksual secara sederhana dan
kontekstual, disesuaikan dengan usia dan pemahaman anak. Materi yang diberikan meliputi
pengenalan anggota tubuh, ajaran mengenai sentuhan baik dan buruk, serta pembiasaan
untuk menjaga kebersihan dan privasi tubuh. Orang tua pada umumnya mendukung
penerapan pendidikan seksual di sekolah, meskipun masih terdapat perbedaan pemahaman
mengenai sejauh mana pendidikan seksual perlu diajarkan. Beberapa orang tua merasa
bahwa pendidikan seksual seharusnya menjadi tanggung jawab utama keluarga, sementara
lainnya menganggap sekolah memiliki peran penting dalam memberikan edukasi dasar.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendidikan seksual pada anak usia dini di
TK Al Khairiyah sudah berjalan cukup baik, namun masih diperlukan sinergi yang lebih
erat antara sekolah dan orang tua agar materi yang diberikan dapat lebih komprehensif dan
konsisten. Diperlukan juga pelatihan dan pendampingan bagi guru serta edukasi bagi orang
tua agar pendidikan seksual dapat diterapkan secara efektif dan tepat guna.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Seksual, Anak Usia Dini