ABSTRAK
UPAYA GURU MENINGKATKAN
KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG
BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK
MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA
KECAMATAN PANCUR BATU
KABUPATEN DELI SERDANG
Nama : Umi Kamalia
NPM/NIRM : 021030074/ 021.16.1.2.2.1.0247
Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe
NIDN : 2121078402
Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan
NIDN : 2123049102
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang
bilangan melalui penggunaan media Playdough pada anak kelas Matahari di TK Mutiara
Taqwa Sukaraya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang
menggunakan model Suharsimi Arikunto, dengan rumusan masalah (1)) Kemampuan
mengenal lambang bilangan 1-10 sebelum menggunakan media Playdough? (2)
Kemampuan mengenal lambang bilangan1-10 sesudah menggunakan media Playdough?.
Subyek yang diteliti anak-anak kelas Matahari di TK Mutiara Taqwa Sukaraya yang
berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan.
Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang
digunakan adalah lembar observasi yang berbentuk checklist. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal
lambang bilangan pada anak melalui penggunaan media Playdough, hal ini dibuktikan
pada kemampuan awal mengenal lambang bilangan yaitu 23% termasuk dalam kriteria
tidak lulus, pada Siklus I meningkat 23% menjadi 53,8% termasuk dalam kriteria cukup,
dan pada Siklus II meingkat 53,8% menjadi 76,9% termasuk dalam kriteria lulus.
Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang
bilangan yaitu guru mengenalkan bilangan dengan membuat Playdough sesuai dengan
lambang bilangannya setiap anak memperoleh satu lembar lambang bilangan kemudian
menjiplak bilangan tersebut. Anak mengurutkan dan menunjukkan lambang bilangan 1-
10, menghubungkan lambang bilangan 1-10 sesuai dengan jumlah benda nyata yang telah
mereka buat sendiri dengan Playdough.
Kata kunci: Lambang bilangan, Media Playdough