Archive - 2025080052

UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI MEDIA PLAYDOUGH DI TK MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

By UMI KAMALIA on August 13, 2025 04:53 PM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA GURU MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MUTIARA TAQWA DESA SUKARAYA KECAMATAN PANCUR BATU KABUPATEN DELI SERDANG

Nama : Umi Kamalia

NPM/NIRM : 021030074/ 021.16.1.2.2.1.0247

Pembimbing I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe

NIDN : 2121078402

Pembimbing II : Efri Manda Sari Hasibuan

NIDN : 2123049102

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media Playdough pada anak kelas Matahari di TK Mutiara Taqwa Sukaraya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Suharsimi Arikunto, dengan rumusan masalah (1)) Kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 sebelum menggunakan media Playdough? (2) Kemampuan mengenal lambang bilangan1-10 sesudah menggunakan media Playdough?. Subyek yang diteliti anak-anak kelas Matahari di TK Mutiara Taqwa Sukaraya yang berjumlah 13 orang anak yang terdiri dari 8 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang berbentuk checklist. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak melalui penggunaan media Playdough, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal mengenal lambang bilangan yaitu 23% termasuk dalam kriteria tidak lulus, pada Siklus I meningkat 23% menjadi 53,8% termasuk dalam kriteria cukup, dan pada Siklus II meingkat 53,8% menjadi 76,9% termasuk dalam kriteria lulus. Langkah-langkah yang dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan yaitu guru mengenalkan bilangan dengan membuat Playdough sesuai dengan lambang bilangannya setiap anak memperoleh satu lembar lambang bilangan kemudian menjiplak bilangan tersebut. Anak mengurutkan dan menunjukkan lambang bilangan 1- 10, menghubungkan lambang bilangan 1-10 sesuai dengan jumlah benda nyata yang telah mereka buat sendiri dengan Playdough.

Kata kunci: Lambang bilangan, Media Playdough

Author:

UMI KAMALIA

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
UMI COVER.pdf UMI BAB 1.pdf UMI BAB 2.pdf UMI BAB 3.pdf UMI BAB 5.pdf