Archive - 2025080054

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN BAHASA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI RA NURUL ILMI RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU

By SUMARNI on August 13, 2025 05:02 PM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA NURUL ILMI RUMAH SUMBUL KECAMATAN STM HULU

Name : Sumarni

NPM/NIRM : 021030082

Advisor I : Surya Hoirul Ahsan Dalimunthe, M.Psi

NIDN : 2121078402

Advisor II : Fadhilatun Mahfudzah, M.Pd

NIDN : 2122059002

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul. Penelitian dilakukan di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul, Deli Serdang, Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif jenis bermain peran atau role playing. Subjek penelitian ini adalah guru pengampu kelompok Umar dan Ali di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul yang memiliki keterkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian diperoleh melalui hasil observasi di dalam kelas dan wawancara dengan guru kelompok Umar dan Ali di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul sebagai data primer serta dokumentasi sebagai data sekunder. Dalam menganalisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam meningkatkan kemampuan bahasa melalui kegiatan bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul yaitu: 1 Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan mengenai Strategi Guru dalam Meningkatkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul Kecamatan STM Hulu, maka peneliti dapat menyimpulkan: 1) untuk mencapai hasil belajar yang efektif, terukur dan optimal terhadap perkembangan bahasa anak usia 5 – 6 tahun dibutuhkan langkah penerapan strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dengan fase tumbuh kembang anak. Pemilihan metode bermain peran telah memberikan hasil yang signifikan terhadap target dan capaian perkembangan bahasa peserta didik di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul, 2) kemampuan bahasa anak sebelum menerapkan metode bermain peran di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul adalah 58,6% atau 17 siswa terkategori Belum Berkembang (BB) dan 41,4% atau 12 siswa terkategori Mulai Berkembang (MB). Sementara itu, setelah menerapkan metode bermain peran terdapat 20,7% atau atau 6 siswa terkategori Mulai Berkembang (MB) dan 31% atau 9 siswa terkategori Berkembang Sesuai Harapan (MB) serta 48,3% atau 14 siswa sudah terkategori Sangat Berkembang (SB), berbagai faktor penghambat dalam proses belajar dan mengajar bagi tenaga pengajar di RA Nurul Ilmi Rumah Sumbul berupa perbedaan latar belakang peserta didik dan kondisi kesehatan yang dialami peserta didik baik kesehatan mulut (gagap bicara) maupun telinga berair. Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru dalam mensukseskan kegiatan belajar dan mengajar. .

Kata Kunci: Strategi guru, kemampuan bahasa, bermain peran, anak usia dini 

Author:

SUMARNI

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
SUMARNI COVER.pdf SUMARNI BAB 1.pdf SUMARNI BAB 2.pdf SUMARNI BAB 3.pdf SUMARNI BAB 5.pdf