ABSTRAK
STRATEGI GURU DALAM MENGATASI
GANGGUAN ATTENTION DEFICIT
HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK DI
RA. ULUN NUHA MEDAN JOHOR
Nama : Sarini Abdullah Nasution
NPM/NIRM : 021030086/021.16.1.2.2.1.0295
Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd
NIDN : 2129049001
Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd
NIDN : 2102069402
Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama bagaimana gangguan
prilaku pada anak dengan gangguan ADHD pada anak di RA. Ulun Nuha Medan
Johor?. Kedua, bagaimana strategi guru dalam mengatasi gangguan ADHD
padaanak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Ketiga, apakah terdapat hambatan
dan solusi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak di RA. Ulun Nuha
Medan Johor?. Adapun tujuan dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui
gangguan prilaku pada anak dengan gangguan ADHD pada anak. Kedua, untuk
mengetahui strategi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak. Ketiga,
untuk mengetahui hambatan dan solusi guru dalam mengatasi gangguan ADHD
pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
kualitatif, jenis penelitian analisis deskriptif.Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa
1) Terdapat gangguan prilaku anak dalam gangguan ADHD yakni kesulitan
menahan keinginan, kesulitan mengontrol gerak dan kesulitan memusatkan
perhatian. 2) Guru melakukan pendekatan dengan memberikan perhatian kepada
anak, memberikan sentuhan dan berbicara dengan empat mata serta memberikan
suasana yang nyaman kepada anak agar anak lebih mudah untuk dibimbing. 3)
Pertama hambatan waktu yang terbatas disekolah, kedua tidak adanya tenaga
professional guru khusus menangani anak dengan gangguan ADHD, ketiga
kesulitan membuat RPP dan RPPH khusus anak dalam gangguan ADHD. Adapun
solusi dalam mengatasi masalah tersebut yakni pertama adanya kerjasama antara
guru dengan orangtua, kedua mengadakan pelatihan-pelatihan peningkatan
kompetensi guru dalam mengatasi anak dengan gangguan-gangguan tumbuh
kembang. Ketiga guru dapat membuat RPP dan RPPH anak dengan ADHD
dengan bimbingan psikolog.
KATA KUNCI: Strategi Guru, Anak ADHD Dan Anak RA