Archive - 2025080055

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK DI RA. ULUN NUHA MEDAN JOHOR

By SARINI ABDULLAH NASUTION  on August 13, 2025 05:05 PM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

STRATEGI GURU DALAM MENGATASI GANGGUAN ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER PADA ANAK DI RA. ULUN NUHA MEDAN JOHOR

Nama : Sarini Abdullah Nasution

NPM/NIRM : 021030086/021.16.1.2.2.1.0295

Pembimbing I : Dr. Tirta Yogi Aulia, M.Pd

NIDN : 2129049001

Pembimbing II : Hestika Dewi Sitepu, M.Pd

NIDN : 2102069402

Permasalahan dalam penelitian ini yang pertama bagaimana gangguan prilaku pada anak dengan gangguan ADHD pada anak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Kedua, bagaimana strategi guru dalam mengatasi gangguan ADHD padaanak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Ketiga, apakah terdapat hambatan dan solusi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak di RA. Ulun Nuha Medan Johor?. Adapun tujuan dalam penelitian ini pertama untuk mengetahui gangguan prilaku pada anak dengan gangguan ADHD pada anak. Kedua, untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak. Ketiga, untuk mengetahui hambatan dan solusi guru dalam mengatasi gangguan ADHD pada anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, jenis penelitian analisis deskriptif.Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa 1) Terdapat gangguan prilaku anak dalam gangguan ADHD yakni kesulitan menahan keinginan, kesulitan mengontrol gerak dan kesulitan memusatkan perhatian. 2) Guru melakukan pendekatan dengan memberikan perhatian kepada anak, memberikan sentuhan dan berbicara dengan empat mata serta memberikan suasana yang nyaman kepada anak agar anak lebih mudah untuk dibimbing. 3) Pertama hambatan waktu yang terbatas disekolah, kedua tidak adanya tenaga professional guru khusus menangani anak dengan gangguan ADHD, ketiga kesulitan membuat RPP dan RPPH khusus anak dalam gangguan ADHD. Adapun solusi dalam mengatasi masalah tersebut yakni pertama adanya kerjasama antara guru dengan orangtua, kedua mengadakan pelatihan-pelatihan peningkatan kompetensi guru dalam mengatasi anak dengan gangguan-gangguan tumbuh kembang. Ketiga guru dapat membuat RPP dan RPPH anak dengan ADHD dengan bimbingan psikolog.

KATA KUNCI: Strategi Guru, Anak ADHD Dan Anak RA

Author:

SARINI ABDULLAH NASUTION 

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
SARINI COVER.pdf SARINI BAB 1.pdf SARINI BAB 2.pdf SARINI BAB 3.pdf SARINI BAB 5.pdf