ABSTRAK
PERAN GURU TAḤFĪẒ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL
AL-QUR’ĀNPESERTADIDIKDI
SMP IT AL-IKRAM
ISLAMIC SCHOOL
MEDAN
Nama : Ade Erba Yani Harahap
NPM/NIRM : 021011561/021.16.1.1.1.1.0178
Pembimbing I : Dr.Tongat, M.Pd.I
NIDN 2108116401
Pembimbing II : Dr. Sofyan, M.A.
NIDN 21070475
Saat ini peserta didik menghadapi banyak tuntutan, sehingga menghafal AlQur‟ān bisa menjadi salah satu beban tambahan bagi beberapa siswa. Mereka
membutuhkan waktu khusus untuk belajar secara rutin. sehingga guru Taḥfīẓ
ditantang mampu membangkitkan minat peserta didik dalam menghafal AlQur‟ān. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bimbingan guru Taḥfīẓ
di SMP IT Al-Ikram Islamic School Medan meningkatkan motivasi peserta didik
dalam menghafal Al-Qur‟ān. Dengan Metode yang digunakan adalah kualitatif
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan hasilnya, guru Taḥfīẓ
berhasil membangun kebiasaan murāja„ah peserta didik baik itu disekolah
maupun dirumah dan mampu memotivasi peserta didik agar lebih semangat lagi
menghafal dan memperbaiki bacaan dan hafalan Al-Qur‟ānnya.
Kata Kunci: peran guru Taḥfīẓ, motivasi, Al-Qur‟ān