ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA
DIDIK PADA PEMBELAJARAN TARIKH ISLAM MATERI “
KONDISI KEPERCAYAANMASYARAKAT MADINAH
SEBELUM DATANGNYA ISLAM” DENGAN MENGGUNAKAN
MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA DI KELAS VII MTsS
ALFAZA NASIONAL SCHOOL BERASTAGI
Nama : Ade Clarita
NPM : 021011611/ 021.16.1.1.1.I.0227
Pembimbing I : Nurainun Hasibuan M.Si
NIDN : 2104048902
Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis M.Pd
NIDN : 2121038802
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar peserta didik
pada pembelajaran Tarikh Islam atau Sejarah Islam pada materi Kondisi
Kepercayaan Masyarakat Madinah Sebelum Datangnya Islam. Hal ini di
karenakan kurangnya penggunakaan media menarik yang membuat peserta didik
jenuh dan bosan pada pembelajaran di dalam kelas, dapat dilihat dari nilai tes
yang dilaksanakan peserta didik yang tidak mencapai nilai KKM. Berdasarkan
permasalahan tersebut maka tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah (1)
tingkat motivasi belajar sebelum di terapkannya media permainan ular tangga, (2)
mengetahui bagimana penerapan media permainan ular tangga dalam
pembelajaran, (3) mengetahui bagaimana peningkatan motivasi belajar peserta
didik setelah menggunakan media permainan ular tangga. Metode yang digunakan
pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan II siklus
dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII MtsS Alfaza Nasional School
Berastagi berjumlah 25 orang, 11 peserta didik perempuan dan 14 peserta didik
laki laki. Peserta didik terlihat aktif dan senang mengikuti pembelajaran sehingga
tujuan pembelajaran tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran Tarikh Islam menggunakan media permainan ular tangga
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Kata kunci :Motivasi Belajar, Media Permainan Ular Tangga