ABSTRAK
PERAN GURU FIKIH DALAM
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
KELAS VA DALAM MATERI ZAKAT PADA
MIS HIDAYATUL MUBTADI IEN SAIDI
TURI
Nama : Abdul Rahman Rizki
NPM/NIRM : 021011596/ 021.16.1.1.1.I.0213
Pembimbing I : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc., M.A
NIDN : 2129118403
Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis, M.Pd
NIDN : 2121038802
Peran guru sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan
pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran, khususnya pada mata Materi Zakat.
Sehingga, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian di
atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mendalam di Mis Hidayatul
Mubtadi Ien Saidi Turi mengenai kontribusi guru atau pendidik dalam meningkatkan
pemahaman siswa pada mata Materi Zakat agar siswa dapat memahami dan
mengaplikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Fikih dalam
meningkatkan pemahaman siswa kelas v dalam Materi Zakat pada MIS Hidayatul Mubtadi
Ien Saidi Turi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis
pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Hidayatul MubtadiIen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara dan
(3) dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam
memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memperdalam pemahaman siswa mengenai
Materi Zakat. Para guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga
berperan sebagai motivator, fasilitator, dan pembimbing selama proses pembelajaran. Dan
strategi meningkatkan pemahaman siswa dalam Materi Zakat, yaitu: guru menggunakan
metode dan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi sehingga pembelajaran menjadi
lebih menyenangkan, seperti metode: a. metode ceramah b. metode demonstrasi c. metode
tanya jawab Kemudian faktor yang menghambat pemahaman siswa dalam Materi Zakat
meliputi sifat pasif peserta didik saat proses belajar mengajar, faktor lingkungan, termasuk
pergaulan yang terbagi antara teman yang memberikan pengaruh positif dan negatif.
Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan Pemahaman