Archive - 2025080065

PERAN GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VA DALAM MATERI ZAKAT PADA MIS HIDAYATUL MUBTADI IEN SAIDI TURI

By ABDUL RAHMAN RIZKI on August 13, 2025 05:31 PM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

PERAN GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS VA DALAM MATERI ZAKAT PADA MIS HIDAYATUL MUBTADI IEN SAIDI TURI

Nama : Abdul Rahman Rizki

NPM/NIRM : 021011596/ 021.16.1.1.1.I.0213

Pembimbing I : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc., M.A

NIDN : 2129118403

Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis, M.Pd

NIDN : 2121038802

Peran guru sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam menerima materi pelajaran, khususnya pada mata Materi Zakat. Sehingga, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang mendalam di Mis Hidayatul Mubtadi Ien Saidi Turi mengenai kontribusi guru atau pendidik dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata Materi Zakat agar siswa dapat memahami dan mengaplikasikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Guru Fikih dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas v dalam Materi Zakat pada MIS Hidayatul Mubtadi Ien Saidi Turi.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Hidayatul MubtadiIen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat signifikan dalam memperdalam pemahaman siswa mengenai Materi Zakat. Para guru tidak hanya berfungsi sebagai penyampai materi, tetapi juga berperan sebagai motivator, fasilitator, dan pembimbing selama proses pembelajaran. Dan strategi meningkatkan pemahaman siswa dalam Materi Zakat, yaitu: guru menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat dan bervariasi sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, seperti metode: a. metode ceramah b. metode demonstrasi c. metode tanya jawab Kemudian faktor yang menghambat pemahaman siswa dalam Materi Zakat meliputi sifat pasif peserta didik saat proses belajar mengajar, faktor lingkungan, termasuk pergaulan yang terbagi antara teman yang memberikan pengaruh positif dan negatif.

Kata Kunci: Peran Guru, Meningkatkan Pemahaman

Author:

ABDUL RAHMAN RIZKI

Project Document: