Archive - 2025080067

STRATEGI PEMBIMBING TAḤFĪẒ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL PADA DYAH PROGRAM LASKAR QUR’ĀN PESANTREN DARULARAFAH RAYA

By CUT FADIA PUTRI on August 14, 2025 09:38 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

STRATEGI PEMBIMBING TAḤFĪẒ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’ĀNPADA PROGRAM DYAH LASKAR QUR’ĀN PESANTREN DARULARAFAH RAYA

Nama : Cut Fadia Putri

NPM/NIRM : 021011566/021.16.1.1.1.l.0183

Pembimbing I : Dr.Tongat, M.Pd

NIDN : 2108116401

Pembimbing II : Dr. Sofyan, M.A.

NIDN : 21070475

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembimbing Taḥfīẓ dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’ān pada santriwati Dyah di Pesantren Darularafah Raya. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah variasi kemampuan menghafal di antara santriwati, yang dipengaruhi oleh metode bimbingan dan dukungan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah santriwati Dyah program Laskar Qur’ān, dengan pengambilan sampel melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembimbing yang digunakan meliputi pendekatan personal, penggunaan metode variasi, dan evaluasi berkala; (2) ada pengaruh yang penting antara metode bimbingan dan kemampuan menghafal Al-Qur’ān; dan (3) faktor dukungan teman sebaya dan lingkungan juga berkontribusi terhadap keberhasilan santriwati dalam menghafal. Penelitian ini menekankan pentingnya pembimbing Taḥfīẓ dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’ān santriwati.

Kata Kunci: Strategi Pembimbing, Taḥfīẓ , Kemampuan Menghafal, Al-Qur’ān, Santriwati.

Author:

CUT FADIA PUTRI

Project Document: