ABSTRAK
STRATEGI PEMBIMBING TAḤFĪẒ DALAM
MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MENGHAFAL AL-QUR’ĀNPADA
PROGRAM DYAH LASKAR
QUR’ĀN PESANTREN
DARULARAFAH
RAYA
Nama : Cut Fadia Putri
NPM/NIRM : 021011566/021.16.1.1.1.l.0183
Pembimbing I : Dr.Tongat, M.Pd
NIDN : 2108116401
Pembimbing II : Dr. Sofyan, M.A.
NIDN : 21070475
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembimbing Taḥfīẓ dalam
meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’ān pada santriwati Dyah di
Pesantren Darularafah Raya. Fenomena yang melatarbelakangi penelitian ini adalah
variasi kemampuan menghafal di antara santriwati, yang dipengaruhi oleh metode
bimbingan dan dukungan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah santriwati Dyah program Laskar Qur’ān, dengan pengambilan sampel
melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) strategi pembimbing yang digunakan meliputi pendekatan personal,
penggunaan metode variasi, dan evaluasi berkala; (2) ada pengaruh yang penting
antara metode bimbingan dan kemampuan menghafal Al-Qur’ān; dan (3) faktor
dukungan teman sebaya dan lingkungan juga berkontribusi terhadap keberhasilan
santriwati dalam menghafal. Penelitian ini menekankan pentingnya pembimbing
Taḥfīẓ dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk meningkatkan
kemampuan menghafal Al-Qur’ān santriwati.
Kata Kunci: Strategi Pembimbing, Taḥfīẓ , Kemampuan Menghafal, Al-Qur’ān,
Santriwati.