ABSTRAK
TANTANGAN GURU PAI DALAM
MENERAPKAN METODE PEMBELAJARAN
INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN PAI
DI SMP SWASTA NUR ADIA TAHUN
PELAJARAN 2024/2025
NAMA : Cindy Aulia Putri
NIM/NIRM : 021011565/021.16.1.1.1.l.082
Pembimbing I : Eko Prayogi, M.Pdi
NIDN : 2105078903
Pembimbing II : Dr.Tongat, M.Pdi
NIDN : 2108116401
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tantangan yang dihadapi oleh
guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menerapkan metode pembelajaran
interaktif, ditinjau dari aspek pedagogis, manajemen kelas, dan karakteristik peserta
didik di SMP Swasta Nur Adia; (2) kesiapan guru PAI dalam merancang dan
melaksanakan metode pembelajaran interaktif; dan (3) solusi yang dapat diterapkan
untuk mengatasi berbagai tantangan tersebut. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
pentingnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI guna meningkatkan
pemahaman dan keaktifan belajar melalui metode diskusi. Pendekatan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data
dilakukan melalui tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan, serta menggunakan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama dalam penerapan
metode pembelajaran interaktif meliputi: keterbatasan kemampuan pedagogis guru
yang masih terbiasa menggunakan metode ceramah, kurang optimalnya
pengelolaan kelas, serta keragaman karakter siswa yang memengaruhi efektivitas
pembelajaran. Meskipun kesiapan guru PAI belum sepenuhnya optimal, mereka
terus berupaya memperbaiki perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, seperti
melalui penyusunan RPP dan penggunaan media yang relevan. Pihak sekolah juga
mendukung guru dengan menyediakan pelatihan guna mengatasi tantangan
tersebut.
Kata Kunci: Metode Interaktif, Pendidikan Agama Islam, Tantangan Guru