ABSTRAK
HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN
REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA
SISWA KELAS VIII MTS CITRA AMANAH
SEI GELUGUR KECEMATAN PANCUR
BATU KABUPATEN DELI SERDANG
Nama : Anisa Nabilah
NPM/NIRM : 021011607/021.16.1.1.1.1.0224
Pembimbing I : Dr.H.Harun Lubis, S.T., M.Psi
NIDN : 2129057701
Pembimbing II : Rahmadani Fitri Ginting M.Pd.I
NIDN : 2121049003
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai
hubungan antara efikasi diri dengan regulasi diri dalam belajar pada siswa kelas
VIII MTS Citra Amanah Sei Gelugur Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli
Serdang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 65 siswa yang terdiri dari
siswa kelas VIII. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
meliputi: (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Angket, (4) dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri siswa kelas VIII
MTS Citra Amanah Amanah Sei Gelugur Kecamatan Pancur Batu Kabupaten
Deli Serdang dengan kategori tinggi sebanyak 28 responden (43,1%), dengan
kategori sedang sebanyak 37 responden (56,9%). Regulasi diri dalam belajar
siswa kelas VIII MTS Citra Amanah Amanah Sei Gelugur Kecamatan Pancur
Batu Kabupaten Deli Serdang dengan kategori tinggi sebanyak 16 responden
(24,6%), dengan kategori sedang sebanyak 49 responden (75,4%). Hasil uji
hipotesis menggunakan product moment, diketahui hasil bahwa terdapat
hubungan yang kuat signifikan antara efikasi diri dengan regulasi diri dalam
belajar. Berdasarkan uji regresi sederhana diperoleh nilai F sesebar 51,983 serta
nilai sig 0,000<0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak, selanjutnya variabel efikasi diri (X) berpengaruh secara signifikan
terhadap variabel regulasi diri dalam belajar (Y).
Kata Kunci : Efikasi Diri, Regulasi Diri Dalam Belajar