ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA
MATA PELAJARAN MUTĀLA’AH MATERI AL-BABGĀ’
MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA
SISWA KELAS II-A SMP SWASTA GALIH AGUNG
PESANTREN DARULARAFAH RAYA
Nama : Dea Pramesty Cahyani
NPM/NIRM : 021011567/ 021.16.1.1.1.I.0184
Pembimbing I : Nurainun Hasibuan
NIDN : 2104048902
Pembimibing II : Putri Nurhayati Lubis
NIDN : 2120138802
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran
Mutāla’ah, khususnya pada materi Al-Babgā’ melalui penerapan metode pembelajaran
cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan
dalam dua siklus, dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II-A SMP Swasta Galih Agung Pesantren
Darularafah Raya, dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa dari pra tindakan
hingga siklus kedua. Pada tahap pra tindakan, rata-rata nilai siswa adalah 51,4 dengan
persentase ketuntasan klasikal sebesar 42%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus
pertama, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar
67%. Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus kedua, di mana rata-rata nilai mencapai
75,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%. Berdasarkan data tersebut, dapat
disimpulkan bahwa metode cooperative script efektif dalam meningkatkan pemahaman
siswa terhadap mata pelajaran Mutāla’ah. Penerapan metode ini juga mendorong
partisipasi aktif siswa serta meningkatkan kualitas interaksi dalam pembelajaran. Dengan
demikian, metode cooperative script direkomendasikan sebagai salah satu alternatif
strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam konteks
pembelajaran bahasa Arab.
Kata Kunci: Pemahaman siswa, pembelajaran Mutāla’ah, Cooperative Script,
peningkatan pemahaman, materi Al-Babgā’.