Archive - 2025080075

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MUTĀLA’AH MATERI AL-BABGĀ’ MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS II-A SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

By DEA PRAMESTY CAHYANI on August 14, 2025 10:03 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN MUTĀLA’AH MATERI AL-BABGĀ’ MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS II-A SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

Nama : Dea Pramesty Cahyani

NPM/NIRM : 021011567/ 021.16.1.1.1.I.0184

Pembimbing I : Nurainun Hasibuan

NIDN : 2104048902

Pembimibing II : Putri Nurhayati Lubis

NIDN : 2120138802

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Mutāla’ah, khususnya pada materi Al-Babgā’ melalui penerapan metode pembelajaran cooperative script. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II-A SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya, dengan jumlah peserta sebanyak 24 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman siswa dari pra tindakan hingga siklus kedua. Pada tahap pra tindakan, rata-rata nilai siswa adalah 51,4 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 42%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus pertama, nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 59,5 dengan ketuntasan klasikal sebesar 67%. Peningkatan lebih lanjut terjadi pada siklus kedua, di mana rata-rata nilai mencapai 75,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 92%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa metode cooperative script efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Mutāla’ah. Penerapan metode ini juga mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan kualitas interaksi dalam pembelajaran. Dengan demikian, metode cooperative script direkomendasikan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam konteks pembelajaran bahasa Arab.

Kata Kunci: Pemahaman siswa, pembelajaran Mutāla’ah, Cooperative Script, peningkatan pemahaman, materi Al-Babgā’.

Author:

DEA PRAMESTY CAHYANI

Project Document: