ABSTRAK
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENUMBUHKAN RASA EMPATI
PADA SISWA KELAS V SD BUDI UTOMO
KECAMATAN KUTALIMBARU
KABUPATEN DELI SERDANG
Nama : Dwika Adharia
NPM/NIRM : 021011569 / 021.16.1.1.1.I.0186
Pembimbing I : Nurainun Hasibuan, M.Si
NIDN : 2104048902
Pembimbing II : Eko Prayogi, M. Pd.I
NIDN : 2105078903
Skripsi ini membahas tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
menumbuhkan empati pada siswa kelas V SD Budi Utomo Kecamatan
Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana tingkat empati siswa, memahami peran guru PAI dalam
proses pembinaan empati, serta mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empati
siswa masih perlu ditumbuhkan dan ditingkatkan. Guru PAI memainkan peran
yang sangat penting sebagai teladan, penasihat, dan pengawas dalam proses
pembentukan karakter siswa, khususnya dalam aspek empati. Guru
memberikan nasihat, pembiasaan sikap peduli, serta menjadi panutan dalam
sikap dan perilaku. Faktor pendukung dalam proses ini adalah lingkungan
keluarga yang suportif, metode pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai
agama dan moral, serta ikatan emosional antara siswa dan guru. Sementara itu,
faktor penghambat antara lain berasal dari pengaruh negatif media sosial,
kurangnya perhatian dari orang tua, serta rendahnya interaksi sosial siswa di
luar sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap
pengembangan model pendidikan karakter, khususnya dalam membangun nilai
empati di lingkungan sekolah dasar melalui peran strategis guru PAI.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Empati, Pendidikan Karakter