ABSTRAK
PERAN GURU BAHASA ARAB DALAM MENDISIPLINKAN
PENGGUNAAN BAHASA ARAB DI KALANGAN SISWI
KELAS VII SMP SWASTA GALIH AGUNG
DI PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA
Nama : Eka Safitri
NPM : 021011597
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Pembimbing I : Dr. H. Tongat, M.Pd.I
Pembimbing II : Eko Prayogi, M.Pd.I
Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru Bahasa Arab dalam mendisiplinkan
penggunaan Bahasa Arab di kalangan siswi kelas VII SMP Swasta Galih Agung Pesantren
Darul Arafah Raya. Fenomena yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya disiplin siswi
dalam berbahasa Arab meskipun merupakan bagian kurikulum pesantren, di mana mereka
lebih sering menggunakan bahasa Indonesia atau daerah. Rumusan masalah mencakup: (1)
peran guru dalam mendisiplinkan penggunaan Bahasa Arab; (2) strategi yang digunakan; dan
(3) faktor pendukung serta penghambatnya. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara,
observasi, dan analisis dokumen dengan subjek guru Bahasa Arab, kepala sekolah, wali kelas,
dan siswi kelas VII. Hasil menunjukkan guru berperan sebagai motivator, teladan, dan
pembimbing dengan strategi pemberian contoh, penguatan motivasi, serta penerapan aturan
konsisten. Faktor pendukungnya adalah lingkungan pesantren dan kebijakan sekolah,
sedangkan penghambat utamanya kurangnya kepercayaan diri siswi dan minimnya kebiasaan
berbahasa Arab di luar kelas.
Kata Kunci: Guru, Bahasa Arab.