ABSTRAK
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA
TULIS AL-QUR’AN SISWA KELAS VII DI SMP
SWASTA NUR ADIA TANJUNG SELAMAT
KECAMATAN SUNGGAL
Nama : Endang Puspa Sari
NPM/NIRM : 021011570/021.16.1.1.1.l.0187
Pembimbing I : Eko Prayogi, M.Pd.I
NIDN : 2105078903
Pembimbing II : Dr. Sofyan, M.A
NIDN : 21070475
Skripsi ini membahas tentang strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VII di SMP Swasta
Nur Adia Tanjung Selamat Kecamatan Sunggal. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan baca
tulis Al-Qur’an, faktor pendukung dan penghambat, serta upaya guru dalam
mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif
dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan guru
meliputi penggunaan metode iqra’, qira’ati dan imla’, pembiasaan membaca AlQur’an sebelum pelajaran dimulai, pemberian motivasi, serta pembelajaran
berjenjang sesuai kemampuan siswa. Faktor pendukung dalam pembelajaran
antara lain: motivasi siswa, dukungan orang tua, ketersediaan sarana belajar, serta
peran aktif guru. Sementara faktor penghambat meliputi kurangnya minat siswa,
keterbatasan waktu belajar, dan perbedaan tingkat kemampuan siswa. Untuk
mengatasi hambatan tersebut, guru melakukan pendekatan personal kepada siswa,
memberikan jam tambahan belajar, serta bekerja sama dengan orang tua.
Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi para pendidik
dalam mengembangkan strategi pembelajaran Al-Qur’an yang lebih efektif dan
kontekstual.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Baca Tulis Al-Qur’an