Archive - 2025080080

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MAKANAN HALAL DAN HARAM DENGAN METODE THINK TALK WRITE KELAS VI MIS ISTIQOMAH ISLAMIC FULLDAY SCHOOL DELI SERDANG – SUMATERA UTARA

By HARTATI BATUBARA on August 14, 2025 10:16 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MATERI MAKANAN HALAL DAN HARAM DENGAN METODE THINK TALK WRITE KELAS VI MIS ISTIQOMAH ISLAMIC FULLDAY SCHOOL DELI SERDANG

Nama : Hartati Batubara

NPM?NIRM : 021011616/021.16.1.1.1.I.0232

Pembimbing I : Nurainun Hasibuan

NIDN : 2104048902

Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis

NIDN : 2121038802

Pembelajaran in bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran fiqih materi makanan halal dan haram melalui metode think talk write pada siswa kelas VI MIS Istiqomah Islamic Fullday School Sri Gunting, metode think talk write disebut dengan metode berpikir dan berdiskusi. Siswa akan dibagi menjadi 5 siswa dalam satu kelompok kemudian siswa diminta untuk membaca teks lalu berbagi ide bersama anggota kelompoknya lalu menulisnya. Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan teman sejawat. Pihak yang selama berlangsungnya tindakan adalah guru. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya metode think talk write pada mata pelajaran fiqih materi makanan halal dan haram dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VII MIS Istiqomah Islamic Fullday School. Peningkatan pemahaman siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai yang dipaparkan sebelumnya bahwasannya dari pra siklus ketuntasan siswa sebanyak 17% dan siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa yaitu 30%. Pada siklus ke II ini diberhentikan karena 86% siswa telah mencapai ketuntasan, sehingga penerapan metode think talk write tersebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan pemahaman belajar fiqih materi makanan halal dan haram pada kelas VI MIS Istiqoamh Islamic Fullday School.

Kata Kunci : Pemahaman Belajar, Metode Think Talk Write,Makanan Halal dan Haram

Author:

HARTATI BATUBARA

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
HARTATI COVER.pdf HARTATI BAB 1.pdf HARTATI BAB 2.pdf HARTATI BAB 3.pdf HARTATI BAB 5.pdf