ABSTRAK
PELAKSANAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MEMBENTUK PROFIL PELAJAR
PANCASILA DI SD SWASTA NUR ADIA
TANJUNG SELAMAT KECAMATAN
SUNGGAL KABUPATEN DELI
SERDANG
Nama : Hasnaun Nasika Harahap
NPM/NIRM : 021011571/021.16.1.1.1.1.0188
Pembimbing I : Dr. Sofyan, M.A.
NIDN : 21070475
Pembimbing II : Eko Prayogi, M. Pd.I
NIDN : 2105078903
Skripsi ini membahas tentang pelaksanaan pendidikan agama Islam (PAI)
dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila di SD Swasta Nur Adia, Kecamatan
Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan
bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi pendidikan agama Islam
dalam mewujudkan siswa dengan karakteristik Profil Pelajar Pancasila. Penelitian
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi lapangan. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PAI telah mengintegrasikan
nilai-nilai Pancasila melalui penguatan karakter religius, gotong royong, mandiri,
dan bernalar kritis. Guru PAI memegang peranan penting sebagai pembimbing
moral, fasilitator pembelajaran nilai, dan agen perubahan karakter siswa. Faktor
pendukung dalam proses ini meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, dukungan
kurikulum, serta keterlibatan orang tua. Sementara itu, faktor penghambatnya
adalah kurangnya kontrol terhadap penggunaan media sosial dan minimnya
dukungan dari lingkungan luar sekolah. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi
referensi dalam upaya memperkuat implementasi PAI yang berorientasi pada
pembentukan karakter Pancasila pada siswa sekolah dasar.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila, Karakter Siswa