ABSTRAK
UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAYAMUM SISWI KELAS VII DI SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA
Nama : Hilya Annisa Fitri
NPM/NIRM : 021011572/021.16.1.1.1.1.0189
Pembimbing I : Umar Mukhtar Siregar
NIDN : 2129118403
Pembimbing II : Sofyan
NIDN : 21070475
Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap praktik tayamum di SMP Swasta Galih
Agung Pesantren Darularafah Raya menjadi perhatian penting dalam proses pembelajaran
fikih. Kondisi tersebut menuntut peran aktif guru dalam mengoptimalkan metode dan
strategi pembelajaran agar peserta didik mampu memahami konsep tayamum secara
benar, baik secara teori maupun praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui upaya guru fikih dalam meningkatkan pemahaman tayamum pada siswi kelas
VII. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data diperoleh
melalui observasi terstruktur, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini
adalah guru fikih dan siswi kelas VII. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru
fikih menerapkan berbagai upaya seperti penggunaan metode ceramah, demonstrasi,
diskusi, dan praktik langsung tayamum. Guru juga memberikan bimbingan individual
kepada siswi yang mengalami kesulitan. Faktor pendukung keberhasilan upaya tersebut
antara lain semangat belajar siswi dan fasilitas yang cukup memadai. Adapun hambatan
yang dihadapi adalah perbedaan kemampuan siswi dalam menyerap materi serta
keterbatasan waktu pembelajaran.
Kata Kunci: Guru Fikih, Tayamum, Pemahaman, Metode Pembelajaran, Kelas VII.