Archive - 2025080082

UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAYAMUM SISWI KELAS VII DI SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARUL ARAFAH RAYA

By HILYA ANNISA FITRI on August 14, 2025 10:21 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA GURU FIKIH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN TAYAMUM SISWI KELAS VII DI SMP SWASTA GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA

Nama : Hilya Annisa Fitri

NPM/NIRM : 021011572/021.16.1.1.1.1.0189

Pembimbing I : Umar Mukhtar Siregar

NIDN : 2129118403

Pembimbing II : Sofyan

NIDN : 21070475

Kurangnya pemahaman peserta didik terhadap praktik tayamum di SMP Swasta Galih Agung Pesantren Darularafah Raya menjadi perhatian penting dalam proses pembelajaran fikih. Kondisi tersebut menuntut peran aktif guru dalam mengoptimalkan metode dan strategi pembelajaran agar peserta didik mampu memahami konsep tayamum secara benar, baik secara teori maupun praktik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru fikih dalam meningkatkan pemahaman tayamum pada siswi kelas VII. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data diperoleh melalui observasi terstruktur, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru fikih dan siswi kelas VII. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru fikih menerapkan berbagai upaya seperti penggunaan metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan praktik langsung tayamum. Guru juga memberikan bimbingan individual kepada siswi yang mengalami kesulitan. Faktor pendukung keberhasilan upaya tersebut antara lain semangat belajar siswi dan fasilitas yang cukup memadai. Adapun hambatan yang dihadapi adalah perbedaan kemampuan siswi dalam menyerap materi serta keterbatasan waktu pembelajaran.

Kata Kunci: Guru Fikih, Tayamum, Pemahaman, Metode Pembelajaran, Kelas VII.

Author:

HILYA ANNISA FITRI

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
HILYA COVER.pdf HILYA BAB 1.pdf HILYA BAB 2.pdf HILYA BAB 3.pdf HILYA BAB 5.pdf