ABSTRAK
STRATEGI GURU AL-ADAB DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING KELAS IX SMP GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA DELI SERDANG
Nama : Hkairani Pertiwi
NPM/NIRM : 021011603/021.16.1.1.1.I.0220
Pembimbing I : Dr. H. Tongat, M.Pd.I
NIDN : 2108116401
Pembimbing II : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc. MA
NIDN : 2129118403
Perilaku bullying di kalangan pelajar masih menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan, termasuk di lingkungan pesantren yang semestinya menjadi pusat pembinaan akhlak dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru Al-Adab dalam mencegah perilaku bullying di kelas IX SMP Galih Agung Pesantren Darul Arafah Raya Deli Serdang. Fokus penelitian ini mencakup bentuk penerapan strategi, faktor-faktor yang mendukung atau menghambat efektivitasnya, serta dampaknya terhadap perubahan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru Al-Adab, wali kelas, pimpinan sekolah, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan—meliputi penanaman nilai adab, keteladanan, komunikasi aktif, dan integrasi nilai Islam dalam keseharian—berperan besar dalam mengurangi perilaku bullying. Upaya tersebut diperkuat dengan sistem disiplin yang konsisten serta kolaborasi antara pendidik, pengasuh, dan siswa, sehingga tercipta lingkungan belajar yang penuh penghormatan dan berkarakter. Kata Kunci: Strategi Guru Al-Adab, Pencegahan Bullying.ABSTRAK STRATEGI GURU AL-ADAB DALAM MENCEGAH PERILAKU BULLYING KELAS IX SMP GALIH AGUNG PESANTREN DARULARAFAH RAYA DELI SERDANG Nama : Hkairani Pertiwi NPM/NIRM : 021011603/021.16.1.1.1.I.0220 Pembimbing I : Dr. H. Tongat, M.Pd.I NIDN : 2108116401 Pembimbing II : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc. MA NIDN : 2129118403 Perilaku bullying di kalangan pelajar masih menjadi permasalahan serius dalam dunia pendidikan, termasuk di lingkungan pesantren yang semestinya menjadi pusat pembinaan akhlak dan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi yang diterapkan oleh guru Al-Adab dalam mencegah perilaku bullying di kelas IX SMP Galih Agung Pesantren Darul Arafah Raya Deli Serdang. Fokus penelitian ini mencakup bentuk penerapan strategi, faktor-faktor yang mendukung atau menghambat efektivitasnya, serta dampaknya terhadap perubahan perilaku siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi yang melibatkan guru Al-Adab, wali kelas, pimpinan sekolah, serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang diterapkan—meliputi penanaman nilai adab, keteladanan, komunikasi aktif, dan integrasi nilai Islam dalam keseharian—berperan besar dalam mengurangi perilaku bullying. Upaya tersebut diperkuat dengan sistem disiplin yang konsisten serta kolaborasi antara pendidik, pengasuh, dan siswa, sehingga tercipta lingkungan belajar yang penuh penghormatan dan berkarakter.
Kata Kunci: Strategi Guru Al-Adab, Pencegahan Bullying.