ABSTRAK
EFEKTIVITAS METODE TIKRAR DALAM
KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN
PADA MATA PELAJARAN TAHFIDZ
SISWA KELAS VII WUSTHA DI LEMBAGA
PENDIDIKAN ALQURAN
MA’HAD AN-NI’MAH
SEI MENCIRIM
Nama : Nurul Laila Br Bangun
NPM/NIRM : 021011600/ 021.16.1.1.1.1.0217
Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting, M.Pd.I
NIDN : 2121049003
Pembimbing II : Dr. H. Harun Lubis, M.Psi
NIDN : 2129057701
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode tikrar dalam kemampuan
menghafal Alquran pada mata pelajaran tahfidz siswa Lembaga Pendidikan Alquran
Ma’had An-Ni’mah Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa
Wustha kelas VII Lembaga Pendidikan Alquran Ma’had An-Ni’mah, dengan
pengambilan sampel melalui yang dilakukan peneliti ialah purposive sampling (2
kelompok). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh yang signifikan
terhadap hasil kemampuan menghafal alquran metode tikrar antara kelas eksperimen
(kelas yang melaksanakan metode tikrar ) dan kelas control (kelas yang masih diberi
metode talaqi); (2) terdapat pengaruh pada taraf signifikan setelah diberi perlakuan
melalui metode pembelajaran yang berbeda. Dengan demikian, metode tikrar sangatlah
berpengaruh dalam kemampuan menghafal Alquran yang dimana kedua kelas telah diberi
dua metode yang berbeda.
Kata Kunci : Kemampuan Menghafal Alquran, Metode Tikrar, Metode Talaqqi.