ABSTRAK
Bimbingan dan konseling dalam Pendidikan Islam ialah suatu aktifitas memberikan bimbingan, pengajaran, dan pedoman kepada peserta didik yang dapat memngembangkan potensi akal pikiran, kejiwaan, keimanan dan keyakinannya serta dapat menanggulangi problematika dalam keluarga, sekolah dan masyarakat dengan baik dan benar secara mandiri berdasarkan al-quran dan al-hadis.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai Peran Konsep Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana konsep bimbingan konseling Islam? (2) Bagaimana konsep pendidikan agama Islam? (3) Apa kaitan konsep bimbingan konseling Islam dengan pendidikan agama Islam? (4) Bagaimana Peran Konsep Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka (library research).
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, peranan bimbingan dan konseling Islam dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam merupakan usaha membantu individu untuk menjadi manusia yang berkembang dalam hal pendidikan dan membentuk kepribadian yang berguna dalam kehidupannya sesuai dengan sumber ajaran Islam yaitu al-quran dan sunah, yang memiliki berbagai wawasan, pandangan, interpretasi, pilihan, penyesuaian dan keterampilan yang tepat berkenaan dengan diri sendiri dan lingkungannya. Sehingga urgensi Bimbingan dan Konseling Islam sangat penting guna mencapai perkembangan dan keoptimalan dalam proses Pendidikan Islam.
Kata Kunci : Bimbingan Konseling Islam, Pendidikan Agama Islam