ABSTRAK
PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING
DALAM PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
KELAS VIII-2 PADA MATERI HAJI DAN
UMRAH DI MTS CITRA AMANAH
KECAMATAN PANCUR BATU
Nama : Nurul Hamidah
NPM/NIRM : 021011594/021.16.1.1.1.1.0211
Pembimbing I : Sofyan
NIDN : 21070475
Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis
NIDN : 2121038802
Skripsi ini membahas tentang penerapan metode active learning dalam
pembelajaran fikih untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII-2 pada materi Haji
dan Umrah di MTs Citra Amanah Kecamatan Pancur Batu. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi
pembelajaran fikih dengan menggunakan metode active learning yang dapat menunjang
peningkatan pemahaman siswa terhadap materi ibadah haji dan umrah. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru
melakukan perencanaan pembelajaran dengan menyusun strategi dan media yang sesuai
dengan prinsip active learning, melaksanakan pembelajaran melalui berbagai aktivitas
seperti diskusi kelompok, simulasi, dan tanya jawab, serta mengevaluasi keterlibatan dan
pemahaman siswa melalui asesmen formatif. Penerapan metode ini memberikan dampak
positif terhadap peningkatan pemahaman siswa karena melibatkan mereka secara aktif
dalam proses belajar. Meskipun terdapat beberapa kendala seperti keterbatasan waktu,
kesiapan guru, dan ketersediaan sarana, namun secara umum metode active learning
terbukti efektif dalam menciptakan suasana belajar yang interaktif, menyenangkan, dan
mendorong keterlibatan siswa. Oleh karena itu, metode ini relevan untuk diterapkan dalam
pembelajaran fikih, khususnya dalam materi yang menuntut pemahaman konseptual dan
praktik ibadah seperti haji dan umrah.
Kata Kunci: Active Learning, Pembelajaran Fikih, Pemahaman Siswa