Archive - 2025080086

PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENANAMKAN AKIDAH YANG KUAT di MTs SIRAJUL HUDA KECAMATAN TIGA BINANGA KABUPATEN KARO

By NURI RAHMADANI SIREGAR on August 14, 2025 10:31 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

PROSES PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENANAMKAN AKIDAH YANG KUAT DI MTS SIRAJUL HUDA, KECAMATAN TIGA BINANGA, KABUPATEN KARO

Nama : Nuri Rahmadani Siregar

NPM/NIRM : 020011613/021.16.1.1.1.l.0229

Pembimbing I : Dr.Sofyan, M.A

NIDN : 21070402

Pembimbing II : Eko Prayogi, M.Pd

NIDN : 2105078903

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perencanaan guru Akidah Akhlak untuk menanamkan akidah yang kuat di MTs Sirajul Huda Kecamatan Tiga Binanga Kabupaten Karo, (2) menganalisis pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan akidah yang kuat di MTs Sirajul Huda, (3) mengetahui evaluasi pembelajaran Akidah Akhlak untuk menanamkan akidah yang kuat di MTs Sirajul Huda, dan (4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Sirajul Huda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara induktif. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci untuk menggali informasi mendalam mengenai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta faktor pendukung dan penghambat pembelajaran. Teknik triangulasi digunakan untuk menjamin validitas data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Sirajul Huda dilakukan dengan pendekatan holistik, memperhatikan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa, disertai penggunaan berbagai metode dan media yang variatif serta menyesuaikan dengan karakteristik peserta didik; (2) Pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak melibatkan metode ceramah, diskusi, role playing, serta kegiatan berbasis pengalaman nyata, dengan keterlibatan aktif guru, siswa, dan orang tua, sehingga mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari siswa; (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan secara menyeluruh melalui tes tertulis, tugas praktik, proyek, portofolio, dan refleksi siswa, untuk menilai baik aspek pemahaman teori maupun perubahan perilaku yang mencerminkan nilai akidah dan akhlak dalam keseharian;

Kata kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Akidah Kuat, MTs Sirajul Huda xiv A

Author:

NURI RAHMADANI SIREGAR

Project Document:
Kamu harus login untuk dapat download file dibawah ini :
NURI COVER.pdf NURI BAB 1.pdf NURI BAB 2.pdf NURI BAB 3.pdf NURI BAB 5.pdf