ABSTRAK
STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENANAMKAN KEBIASAAN SALAT
DHUHA DI SD ISLAM TERPADU AL-MUNAYA
TANJUNG ANOM
Nama : Nida’an Khafiyya
NPM/NIRM : 021011580/021.16.1.1.1.I.0197
Pembimbing I : Tongat
NIDN : 2108116401
Pembimbing II : Eko Prayogi, M. Pd
NIDN :2105078903
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru
Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan kebiasaan salat Dhuha berjamaah di
SD Islam Terpadu Al-Munaya Tanjung Anom, serta faktor-faktor pendukung dan
penghambat dalam proses tersebut. Latar belakang penelitian ini dilandasi oleh
pentingnya pembiasaan ibadah salat sejak dini sebagai bentuk implementasi nilai-nilai
religius dalam pendidikan Islam. Meskipun salat Dhuha telah menjadi program wajib di
sekolah tersebut, masih terdapat siswa yang belum terbiasa melaksanakannya secara
berjamaah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi
kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI meliputi
keteladanan, pemberian motivasi, pembinaan secara berkala, pengawasan langsung, dan
kerja sama dengan orang tua siswa. Strategi tersebut terbukti efektif dalam membentuk
kebiasaan positif siswa dalam melaksanakan salat Dhuha berjamaah. Namun, terdapat
hambatan seperti kurangnya kesadaran siswa, pengaruh lingkungan keluarga, serta
keterbatasan fasilitas sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa strategi guru
PAI secara signifikan mampu mempengaruhi pembiasaan salat Dhuha berjamaah siswa.
Dukungan dari lembaga sekolah, konsistensi guru, dan sinergi dengan orang tua
merupakan faktor penting keberhasilan strategi ini. Diperlukan upaya berkelanjutan agar
pembiasaan salat Dhuha dapat menjadi bagian dari karakter siswa.
Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Pembiasaan, Salat Dhuha, Salat
Berjamaah