ABSTRAK
Nama : Muhammad Syahir
NPM : 0211611110238
Jurusan : Pendidikan Agama Islam
Pembimbing I : Dr. Sofyan, MA
Pembimbing II : Eko Prayogi, M.Pd.I
Judul Skripsi : Pelaksanaan Pembelajaran Ekspositori
pada Pelajaran Tauhid MTs Kelas 2 di
Pesantren Modern Darul Arafah Raya
Deli Serdang
Proses pembelajaran yang efektif dalam pendidikan agama Islam memerlukan
strategi yang tepat agar nilai-nilai keislaman dapat tersampaikan dengan baik. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan strategi pembelajaran ekspositori dalam mata pelajaran
Tauhid di kelas 2 MTs Pesantren Modern Darul Arafah Raya Deli Serdang. Fokus kajian
meliputi strategi perencanaan guru, implementasi metode ekspositori dalam kelas, serta faktor
pendukung dan penghambat yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode
ekspositori diterapkan secara terstruktur dengan dominasi ceramah sebagai media
penyampaian utama. Meskipun strategi ini memiliki kelebihan dalam penyampaian materi
yang sistematis, namun keterlibatan santri dalam proses pembelajaran masih kurang optimal.
Beberapa guru belum mengintegrasikan media pembelajaran atau pendekatan kontekstual yang
dapat meningkatkan pemahaman konsep-konsep Tauhid secara mendalam. Temuan ini
menunjukkan perlunya peningkatan inovasi dalam penyampaian ekspositori agar mampu
menyentuh dimensi kognitif, afektif, dan spiritual santri secara menyeluruh.
Kata Kunci: Pembelajaran Ekspositori, Tauhid, Pendidikan Agama Islam