ABSTRAK
PROBLEMATIKA MENGHAFAL AL-QUR’AN
SISWA KELAS V B MIS HIDAYATUL
MUBTADI IEN SAIDI TURI
KECAMATAN PANCUR BATU
Nama : M. Fauzan Alwan
NPM/NIRM : 021011591/ 021.16.1.1.1.1.0208
Pembimbing I : Eko Prayogi
NIDN : 2105078903
Pembimbing II : Umar Mukhtar Siregar
NIDN : 2129118403
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya berbagai permasalahan yang dialami
siswa kelas V B MIS Hidayatul Mubtadi Ien. Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu dalam
menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang
dihadapi oleh siswa dalam menghafal Al-Qur’an di kelas V B MIS Hidayatul Mubtadi Ien.
Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan
jenis pendekataan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah (1)
observasi, (2) wawancara dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:
(1) terdapat problematika yang dihadapi siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Problematika
tersebut dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu problematika Internal dan problematika
eksternal. Problematika internal diantaranya malas dan mudah putus asa, lalai dan sibuk
bermain serta mudah lupa. Sedangkan problematika eksternal diantaranya adalah tidak
tersedianya waktu menghafal yang efektif, tidaktersedianya pembimbing khusus hafalan
Al-Qur’an, adanya ayat yang mirip, lingkungan yang tidak mendukung dan tidak
mampumembaca Al-Qur’an dengan lancar dan baik. (2) Solusi problematika internal
adalah memberi motivasi dan penguatan positif serta menggunakan rasa ingin bermain
siswa untuk menghafal dengan metode tebak ayat. Sedangkan untuk solusi problematika
eksternal adalah menentukan waktu yang efektif untuk menghafal, memberikan wali kelas
kepercayaan untuk membimbing hafalan siswa serta menciptakan lingkungan yang
mendukung untuk menghafal Al-Qur’an.
Kata Kunci : Menghafal Al-Qur’an, Problematika, Solusi, Madrasah Ibtidaiyah