ABSTRAK
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM
MENCEGAH DAMPAK NEGATIF GADGET TERHADAP
AKHLAK SISWA KELAS VII-A DI SMP IT DARUL
MUQOMAH AL-KHOIRIYAH KECAMATAN
PANCUR BATU KABUPATEN
DELI SERDANG
Nama : Indah Juniarti
NPM/NIRM : 021011573/021.16.1.1.1.I.0190
Pembimbing 1 : Eko Prayogi
NIDN : 2105078903
Pembimbing II : Nurainun Hasibuan
NIDN : 2104048902
Skripsi ini membahas tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam
mencegah dampak negatif gadget terhadap akhlak siswa kelas VII-A di SMP IT
Darul Muqomah Al-Khoiriyah, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana guru Pendidikan Agama Islam
menjalankan perannya dalam mengarahkan siswa agar bijak dalam menggunakan
gadget, serta menganalisis dampak positif dan negatif gadget terhadap akhlak siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai pembimbing,
teladan, dan pengawas dalam mengedukasi siswa tentang etika penggunaan gadget
sesuai nilai-nilai Islam. Dampak negatif penggunaan gadget terhadap akhlak siswa
antara lain adalah menurunnya motivasi belajar, meningkatnya perilaku menyimpang,
dan hilangnya etika dalam berkomunikasi. Sebaliknya, penggunaan gadget juga
memiliki dampak positif jika diarahkan dengan benar, seperti kemudahan dalam
mencari informasi pembelajaran dan sarana komunikasi. Upaya guru dalam
menanamkan nilai akhlak dilakukan melalui integrasi materi pembelajaran dengan
etika digital, pendekatan personal, dan kerja sama dengan orang tua. Penelitian ini
diharapkan memberikan kontribusi bagi pengembangan strategi pembelajaran yang
lebih efektif dalam membentuk karakter siswa di era digital.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Gadget, Akhlak