ABSTRAK
UPAYA GURU BAHASA ARAB DALAM MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB KELAS
VII B SMP SWASTA GALIH AGUNG KECAMATAN
KUTALIMBARU KABUPATEN DELI SERDANG
SUMATERA UTARA
Nama : Septi Nuraini Saragih
NPM/NIRM : 021011599 / 021.16.1.1.1.I.0216
Pembimbing I : Dr. Tongat, M.Pd
NIDN : 2108116401
Pembimbing II : Dr. H. Umar Mukhtar Siregar, Lc., M.A
NIDN : 2129118403
Bahasa merupakan alat komunikasi yang penting dalam kehidupan sehari-hari.
Kemampuan berbicara bahasa Arab merupakan keterampilan penting yang
menunjukkan penguasaan bahasa secara komprehensif dan sangat dibutuhkan di
berbagai institusi pendidikan di Indonesia. Peneliti merumuskan masalah yang
biasanya dihadapi oleh Guru dalam meningkatkan kemampuan berbicara dalam
bahasa arab pada kelas VII B di SMP Swasta Galih Agung yaitu bagaimana metode,
strategi, dan faktor pendukung yang di gunakan dalam meningkatkan kemampuan
berbahasa arab siswi kelas VII B SMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui strategi, metode, serta hambatan dan faktor pendukung yang
dihadapi guru bahasa Arab dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa
Arab siswa kelas VII B SMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
wawancara mendalam, observasi langsung di kelas, dan dokumentasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa guru bahasa Arab menerapkan berbagai strategi
pembelajaran seperti metode langsung, permainan bahasa, dan penggunaan media
audiovisual. Faktor pendukung meliputi motivasi siswa dan ketersediaan fasilitas
pembelajaran, sedangkan hambatan yang dihadapi adalah keterbatasan waktu,
kurangnya kosakata siswa, dan perbedaan kemampuan antar siswa.
Kata Kunci: Guru Bahasa Arab, Strategi Pembelajaran, Kemampuan Berbicara