ABSTRAK
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA
ISLAM DALAM MENGATASI EFEK
NEGATIF MEDIA SOSIAL TIKTOK DI
KALANGAN SISWA SD KARTIKA 1-3
KECAMATAN SUNGGAL DELI
SERDANG SUMATERA UTARA
Nama : Sabila Ramadhani
NPM/NIRM : 021011583/021.16.1.1.1.I.0200
Pembimbing I : Nurainun Hasibuan
NIDN : 2104048902
Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis
NIDN : 2121038802
Skripsi ini membahas tentang peran guru pendidikan agama islam dalam
mengatasi efek negatif media sosial TikTok di kalangan siswa SD Kartika 1-3 Kecamatan
Sunggal Deli Serdang Sumatera Utara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui bagaimana penggunaan media sosial TikTok di kalangan siswa, bagaimana
efek negatif media sosial TikTok yang terjadi serta peran guru Pendidikan Agama Islam
dalam mengatasi efek negatif media sosial TikTok di kalangan siswa. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TikTok
memberikan pengaruh negatif seperti yakni takut ketinggalan (FOMO), kecanduan
gadget, pemborosan waktu, pengaruh negatif pola pikir, pelecehan dan kekerasan dalam
jaringan (cyberbullying), ketergantungan pada validitas eksternal. Guru PAI berperan
penting sebagai pembimbing, motivator, dan korektor dalam menanamkan nilai-nilai
keislaman serta membentuk karakter siswa yang religius dan beretika. Penelitian ini
menyimpulkan bahwa peran aktif guru PAI sangat diperlukan untuk membentengi siswa
dari dampak buruk media sosial melalui pendekatan pendidikan agama.
Kata Kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Efek Negatif, Media Sosial TikTok