ABSTRAK
UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA
MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI A`ḌĀ’U
AL-JISMI MELALUI METODE TEAMS GAMES
TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS I-B
SMP SWASTA GALIH AGUNG
Nama : Rahmiatul Fitri
NPM/NIRM : 021011595/021.16.1.1.1.I.0212
Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting
NIDN : 2121049003
Pembimmbing II : Nurainun Hasibuan
NIDN : 2104048902
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi melalui metode Teams Games Tournament
(TGT) siswa kelas I-BSMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Teggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus
dengan empat komponen atau tindakan, yaitu meliputi: perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Data yang
terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil
penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Motivasi belajar
siswa pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi kelas I-BSMP Swasta Galih Agung
pada pengamatan awal masih rendah peneliti mendapati kurangnya partisipasi dan
semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa
menjadi rendah, (2) Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran
Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi yaitu dengan mengadakan permainan dan turnamen
dalam proses pembelajaran, (3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas I-BSMP Swasta
Galih Agung pada mata pelajaran pada pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi
ditandai dengan meningkatnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran serta
hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, terlihat partisipasi dan semangat siswa yang rendah
dalam kegiatan pembelajaran dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 22,7%.
Pada siklus I, penilaian aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 2,24 dan ketuntasan
klasikal yang diperoleh siswa sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II, penilaian aktivitas
siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 3,52 dan ketuntasan klasikal yang
diperoleh siswa sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
Teamms Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IBSMP Swasta Galih Agung pada mata pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi.
Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa,
A`ḍā’u al-jismi