Archive - 2025080106

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI A`ḌĀ’U AL-JISMI MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS I-B SMP SWASTA GALIH AGUNG

By RAHMIATUL FITRI on August 14, 2025 11:41 AM
Project Year:
2025
Abstract:

ABSTRAK

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA ARAB MATERI A`ḌĀ’U AL-JISMI MELALUI METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SISWA KELAS I-B SMP SWASTA GALIH AGUNG

Nama : Rahmiatul Fitri

NPM/NIRM : 021011595/021.16.1.1.1.I.0212

Pembimbing I : Rahmadani Fitri Ginting

NIDN : 2121049003

Pembimmbing II : Nurainun Hasibuan

NIDN : 2104048902

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi melalui metode Teams Games Tournament (TGT) siswa kelas I-BSMP Swasta Galih Agung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis & Mc. Teggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan empat komponen atau tindakan, yaitu meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam setiap siklusnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Observasi, (2) Tes, (3) Dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil penelitian. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Motivasi belajar siswa pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi kelas I-BSMP Swasta Galih Agung pada pengamatan awal masih rendah peneliti mendapati kurangnya partisipasi dan semangat siswa dalam kegiatan pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa menjadi rendah, (2) Penerapan metode Teams Games Tournament (TGT) pada pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi yaitu dengan mengadakan permainan dan turnamen dalam proses pembelajaran, (3) Peningkatan motivasi belajar siswa kelas I-BSMP Swasta Galih Agung pada mata pelajaran pada pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi ditandai dengan meningkatnya partisipasi dan keaktifan siswa dalam pembelajaran serta hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, terlihat partisipasi dan semangat siswa yang rendah dalam kegiatan pembelajaran dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 22,7%. Pada siklus I, penilaian aktivitas siswa memperoleh nilai rata-rata 2,24 dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 65%. Sedangkan pada siklus II, penilaian aktivitas siswa meningkat dengan perolehan nilai rata-rata 3,52 dan ketuntasan klasikal yang diperoleh siswa sebesar 90%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Teamms Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IBSMP Swasta Galih Agung pada mata pelajaran Bahasa Arab materi A`ḍā’u al-jismi.

Kata Kunci: Metode Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Siswa, A`ḍā’u al-jismi 

Author:

RAHMIATUL FITRI

Project Document: