ABSTRAK
PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN
EMOSIONAL SISWA KELAS VI SD BUDI
UTOMO KECAMATAN KUTALIMBARU
KABUPATEN DELI SERDANG
Nama : Putri Aulia
NPM/NIRM : 021011582 / 021.16.1.1.1.I.0199
Pembimbing I : Umar Mukhtar Siregar
NIDN : 2129118403
Pembimbing II : Putri Nurhayati Lubis
NIDN : 2121038802
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa kelas VI SD Budi Utomo
Kecamatan Kutalimbaru Kabupaten Deli Serdang. Latar belakang penelitian ini
didasarkan pada ketidakbijakan siswa dalam mengelola emosi. Contohnya seperti
mudah marah, berkata kasar, stress dan kurang percaya diri yang mempengaruhi
interaksi sosial dan proses belajar. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan
pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa
tergolong baik, tetapi masih memerlukan bimbingan dari guru, orang tua, dan
lingkungan sekitar yang mendukung. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki
peran penting sebagai teladan,penasihat dan pengawas dalam membimbing siswa
untuk meningkatkan kemampuan mengelola emosi secara positif. Faktor
pendukung peran guru antara lain adalah lingkungan sekolah yang kondusif dan
materi pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang kaya akan nilai moral,
sedangkan faktor penghambatnya adalah berasal dari lingkungan luar sekolah yang
kurang mendukung, penggunaan media sosial yang tidak terkontrol, dan
ketidakstabilan emosi siswa akibat masa pubertas. Penelitian ini menegaskan
bahwa peran guru Pendidikan Agama Islam sangat strategis dalam meningkatkan
kecerdasan emosional siswa guna membantu keberhasilan belajar dan pembentukan
karakter yang baik.
Kata Kunci: Peran, Guru, Kecerdasan, Emosional.