ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran bahasa Arab BAB Muhadatsah materi perkenalan di kelas VI SD Muhammadiyah 37 Tanjung Selamat melalui metode bermain peran. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua siklus, yang mana dalam setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Subjek dan lokasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VI di SD Muhammadiyah 37 Tanjung Selamat yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran bahasa Arab BAB Muhadatsah materi perkenalan serta menambah keaktifan dan prestasi belajar siswa di dalam kelas.
Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode bermain peran menunjukkan bahwa siswa yang tuntas 25% berjumlah 7 siswa. Nilai siswa pada siklus pertama yang tuntas terdapat 14 siswa dengan jumlah persentase 68% . Kemudian pada siklus kedua hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 24 siswa dengan persentase 86%. Dengan demikian penggunaan metode bermain perandapat dikatakan berhasil meningkatkan pemahamn siswa pada pelajaran bahasa Arab BAB Muhadatsah materi perkenalan.
Kata Kunci : Pemahaman Siswa, Metode Bermain Peran