ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bidang studi al-adab dalam membentuk akhlak siswa, untuk mengetahui peran guru bidang studi al-adab dalam membentuk akhlak siswa dan untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat bidang studi al-adab pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs Swasta Pesantren Darularafah Raya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data. terjadinya peningkatan persentase atau jumlah siswa yang melakukan setiap komponen aktivitas belajar yang menjadi bahan pengamatan peneliti dan observer pada saat proses pembelajaran dengan metode resitasi dari siklus I dan siklus II, yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa Hasil bidang studi al-adab dalam membangun akhlak hasil dari penerapan bidang studi itu mendapat respon positif dari diri siswa. Dengan menganggap bahwa pendidikan akhlak dari bidang studi al-adab tersebut sangat penting. Sehingga tidak hanya di laksanakan pada keseharian namun juga di madrasah/sekolah dengan pakai materi. Walaupun tidak semaksimal mungkin dapat dapat respon positif.
Kata Kunci : Implementasi Pendidikan, Akhlak, Al-Adab.