ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan sistem pembelajaran di dunia pendidikan yang disebabkan oleh mewabahnya virus covid-19 di Indonesia pada awal tahun 2022 yang sebelumnya berada di sekolah, kemudian berpindah dengan pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stratrgi guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam pada masa pandemic covid-19.
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai strategi guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama islam pada masa pandemi covid-19. Dengan rumusan masalah yang mencangkup : 1) Bagaimana peningkatan pembelajaran agama Islam pada masa pandemi covid-19 2) Bagaimana strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam pada masa pandemi covid-19. 3) Apa faktor penghambat dan faktor pendukung strategi guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam pada masa pandemi covid-19. Metode Pengumpulan data yang digunakan meliputi : (1) Observasi, (2) Wawancara, (3) Dokumentasi.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Peningkatan pembelajaran agama Islam pada masa pandemi covid-19 dengan adanya pembelajaran tatap muka terbatas membuat peningkatan sehingga pembelajaran lebih efektif dibanding pembelajaran daring. 2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan pembelajaran agama Islam pada masa pandemi covid-19 sangat dibutuhkan untuk pembelajaran aktif di sekolah agar siswa mampu bealajar dengan penuh semangat. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat antara lain : minat belajar siswa, pendidik, orang tua, sarana dan prasarana serta lingkungan. Dalam menjalankan strategi pembelajaran, guru agama Islam sudah memberikan pengajaran yang terbaik untuk siswa meskipun pembelajaran dilakukan dengan keterbatasan waktu.
Kata Kunci : Strategi Guru Pendidikan Agama Islam, Meningkatkan Pembelajaran Agama Islam