ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai peran guru
Akidah Akhlak dalam mengatasi perilaku bullying pada siswa kelas VII MTs Al-Washliyah
Pancur Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber data yang
digunakan melalui sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan
data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data ini
menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan
dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) Bentuk perilaku bullying yang terjadi di
MTs Al-Washliyah Pancur Batu adalah bullying verbal. Yang dimana bullying verbal
merupakan jenis bullying yang bisa di ketahui melalui indra pendengaran dan juga indra
penglihatan. Contoh dari bullying verbal ini yaitu: memaki, menghina, meneriaki,
menuduh, menyoraki, serta mengganti nama panggilan dengan nama yang kurang baik atau
memiliki artian yang buruk, (2) Dampak yang ditimbulkan dari perilaku bullying yaitu
kesehatan mental akan terganggu, menurunnya minat belajar sehingga membuat korban
menjadi malas untuk bersekolah, lebih cenderung menyendiri, dan menarik diri dari
pergaulan antar teman sebaya, (3) Adapun peran guru Akidah Akhlak dalam mengatasi
perilaku bullying yaitu seorang guru harus bisa menanamkan sikap toleransi kepada
siswa/siswinya, memberikan wejangan yang positif dan membangun guna memperbaiki
pola pertemanan siswa/siswi, atau bisa dengan memanggil kedua orang tua baik dari pelaku
maupun korban guna mendiskusikan tentang permasalahan yang ada, guna diskusi ini
bukan hanya mencari siapa yang paling benar dan siapa yang salah, tapi guna diskusi ini
untuk mencari jalan keluar yang terbaik dalam mengatasi permasalahan yang ada.
Kata Kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Perilaku Bullying.