ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitia Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Fiqh materi Thaharah (Bersuci) di Kelas VIII E MTs Swasta Darularafah Lau Bakeri Kecamatan Kutalimbaru melalui metode Problem Solving. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua siklus, yang mana dalam setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan, yaitu: (1) perencanaan. (2) tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dan lokasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII E MTs Swasta Darularafah Lau Bakeri yang berjumlah 21 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode Problem Solving dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Fiqh tentang Thaharah (Bersuci).
Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya metode Problem Solving menunjukkan bahwa siswa yang tuntas 25% berjumlah 5 siswa. Niai siswa pada siklus pertama yang tuntas terdapat 14 siswa dengan jumlah persentase 70%. Kemudian pada siklus kedua hasil belajar yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 18 siswa dengan persentase 90%. Dengan demikian penggunaan metode Problem Solving dapat dikatan berhasil meningkatkan pemahaman siswa pada pelajaran Fiqh materi Thaharah (Bersuci).
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Metode Problem Solving