ABSTRAK
Pembelajaran ini bertujuan meningkatkan pemahaman siswa mata pelajaran bahasa arab materi fi’il mudhari’ melalui metode Make a Match pada siswa kelas VIII B MTs Swasta Darularafah Deli Serdang, metode Make a Match disebut dengan metode kartu-kartu. Kartu-kartu tersebut terdiri dari kartu-kartu berisi pertanyaan-pertanyaan dan kartu-kartu lainnya berisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.
Metodologi yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas), mengambil bentuk penelitian kerjasama antara peneliti dengan teman sejawat . pihak yang selama berlangsungnya tindakan adalah guru. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat tahapan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan kegiatan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Setiap akhir kegiatan dilakukan refleksi, sehingga kelemahan-kelemahan setiap siklus dapat dibenahi pada siklus berikutnya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa diterapkannya metode Make a Match pada mata pelajaran bahasa arab materi fi’il mudhari’ dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas VIII B MTs Swasta Darularafah Deli Serdang. Peningkatan pemahaman siswa tersebut dapat dibuktikan dari nilai yang dipaparkan sebelumnya bahwasannya dari pra siklus ketuntasan siswa sebanyak 20% dan siklus I mengalami kenaikan ketuntasan siswa yaitu 60%. Pada siklus ke II ini diberhentikan karena 87% siswa telah mencapai ketuntasan, sehingga penerapan metode Make a Match tersebut dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan pemahaman belajar bahasa arab materi fi’il mudhari’ pada kelas VIII B MTs Swasta Darularafah Deli Serdang.
Kata Kunci : Pemahaman Belajar, Metode Make a Match, Fi’il Mudhari’