ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai
problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri 1
Pancur Batu. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Sumber
data yang digunakan melalui sumber data primer dan sumber data sekunder.
Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Teknik penjamin keabsahan data ini menggunakan triangulasi
sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Kesimpulan dari temuan
penelitian menunjukkan bahwa; (1) Problematika pembelajaran PAI di SMK
Negeri 1 Pancur Batu yaitu masih banyak peserta didik yang berlatarbelakang
kurangnya pemahaman agama diakibatkan oleh kurangnya perhatian dari orang
tua dan di sekolah juga memiliki keterbatasan waktu dalam belajar sehingga hal
tersebut mengakibatkan tidak tercapainya suatu kurikulum dalam pembelajaran.
(2) Faktor penyebab problematika dalam pembelajaran PAI terdiri dari 4 faktor,
yaitu : (a) faktor dari peserta didik, (b) pendidik, (c) sarana dan prasarana, dan (d)
lingkungan. (3) Solusi dari problematika pembelajaran PAI, yaitu: (a) solusi untuk
problematika peserta didik adalah dengan cara memberikan pemahaman tentang
dasar-dasar agama Islam, memberikan motivasi, membimbing dan mengarahkan
peserta didik dalam membaca Al-Qur’an, dan mengajak peserta didik untuk
melaksanakan salat zuhur berjamaah, (b) solusi problematika dari pendidik adalah
dengan cara merubah metode dan media yang digunakan, (c) solusi dari
problematika sarana dan prasarana adalah dengan menggunakan Mushola untuk
belajar dan kurangnya ketersediaan buku mata pelajaran PAI upaya yang
dilakukan pihak sekolah adalah dengan cara boleh meminjamkan buku kepada
peserta didik tetapi ada batas untuk peminjamannya, (d) solusi dari problematika
lingkungan adalah dengan cara menumbuhkan rasa saling menghargai, memahami
perbedaan, dan meningkatkan toleransi beragama dengan diadakannya kegiatan
keagamaan di sekolah.
Kata Kunci: Problematika Pembelajaran, PAI