ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai Hubungan tingkat pemahaman agama islam terhadap toleransi beragama siswa kelas X SMK Negeri 1 Kutalimbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif . metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi: 1) observasi, 2) wawancara, 3) angket dan 4) dokumentasi.
Data yang
terkumpul dari 4 metode tersebut kemudian dianalisis untuk mendapatkan temuan
penelitian. Kesimpulan dari temuan penelitian menunjukkan bahwa; (1) pemahaman
agama Islam siswa kelas X SMK Negeri 1 Kutalimbaru yang memiliki kategori
tinggi sebanyak 106 siswa dengan persentase 56%, kategori sedang ada 79 siswa
dengan persentase 42% , dan untuk kategori rendah ada 3 siswa dengan persentase
2 %. (2) Toleransi beragama siswa kelas X SMK Negeri 1 Kutalimbaru menunjukkan
hasil sebagai berikut: siswa yang memiliki Toleransi beragama dengan kategori
tinggi sebanyak 27 siswa dengan persentase 14%, kategori sedang ada 148 siswa
dengan persentase 79% , dan untuk kategori rendah ada 13 siswa dengan
persentase 7%. (3) Hasil uji hipotesis menggunakan product moment, diketahui
hasil bahwa pemahaman agama Islam tidak mempengaruhi Toleransi beragama secara
signifikan. Dari analisis regresi sederhana bahwa Ha ditolak dan Ho diterima.
Dan koefisien determinan adalah 0,038, artinya indeks determinan atau
persentasi variabel X tidak mempengaruhi variabel Y sebesar 3,8% (sangat lemah).
Kata Kunci : pemahaman agama Islam, toleransi beragama